FITNESS & HEALTH

Peran Penting Ventilasi dalam Pandemi Covid-19

Yatin Suleha
Rabu 18 November 2020 / 12:28
Jakarta: Ventilasi sebut saja jendela, lubang angin, termasuk pintu merupakan hal yang esensial dalam alur keluar masuknya udara. Ventilasi udara berfungsi sebagai saluran di mana udara dapat mengalir dengan baik dari dan ke dalam rumah atau ruangan. 

Dengan demikian, udara yang ada di dalam rumah atau ruangan akan tergantikan secara terus menerus oleh udara dari luar melalui ventilasi tersebut.

Dr Maria Neira selaku Direktur Penentu Kesehatan Masyarakat, Lingkungan dan Sosial dari Departemen Kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa ventilasi memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan penyebaran virus.

Memiliki udara yang sehat di dalam ruangan atau indoor bisa dilakukan dengan cara membuka pintu serta jendela sehingga udara bisa mengalir dan berganti dengan yang baru. 

"Saya ingin memberikan contoh, di mana memungkinkan ruangan publik atau gedung, pastikan untuk ada natural ventilasi dengan membuka jendela (jika ini gedung)," ujarnya seperti dilansir dari laman resmi WHO.


ventilasi
(Buka jendela dan pintu enam kali setiap satu jamnya jika kamu bekerja di dalam ruangan, agar udara bersih bisa berganti masuk dan udara tetap sehat. Foto: Pexels.com)


Lebih lanjut ia mengatakan bahwa hal ini perlu diaplikasikan juga bagi ruangan yang bukan terbuka (non-indoor) dengan cara pengaturan udara secara mekanik atau dengan menggunakan alat agar udara dapat berganti.

"Tapi perlu diingat, pentingnya ventilasi yang sehat bukan satu-satunya jalan untuk menghindari covid-19," katanya. Jadi, masih perlu melakukan protokol kesehatan lainnya yaitu 3M memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.
 

Jadi, bagaimana menghadirkan udara sehat?


Dr Neira memberikan solusi yaitu pertimbangakan tentang banyaknya orang di dalam ruangan, luas ruangan, menjaga jarak aman, serta apa saja aktivitas di dalam ruangan tersebut.

"Hal pentingnya untuk menghadirkan udara sehat dalam ruangan (gedung) adalah contohnya, jika setiap satu jam sebanyak enam kali kamu memberikan udara baru masuk (membuka jendela dan pintu), menurut saya cukup memberikan pengurangan terhadap tersebarnya virus atau covid-19," pungkasnya.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun. 
(TIN)

MOST SEARCH