FITNESS & HEALTH

Tidak Hanya Mengenyangkan, Ini 7 Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Muhammad Syahrul Ramadhan
Kamis 31 Maret 2022 / 15:17
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyampaikan kadar dua buah pisang setara dengan satu porsi nasi. Sehingga, mengonsumsi dua buah pisang sama mengenyangkannya seperti memakan satu porsi nasi.

“Dua buah pisang itu setara dengan satu porsi nasi seberat 100 gram. Jadi sebenarnya kalau bapak/ibu makan dua buah pisang, itu artinya sudah cukup mengenyangkan, untuk mengganti satu porsi nasi," ujar Ma'ruf melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Ponorogo, Jawa Timur, Rabu, 30 Maret 2022.
 
Tapi tahukah sobat Medcom selain bikin kenyang mengonsumsi pisang juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh loh. Berikut ini tujuh manfaat mengonsumsi pisang.

7 manfaat pisang untuk kesehatan

1. Pisang baik untuk pencernaan

Pisang mengandung serat yang dapat memudahkan buang air besar (BAB) dan mengurangi sembelit. Selain itu, serat juga membuat rasa kenyang lebih lama.

2. Pisang meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung dapat dicegah dengan makanan yang tepat. Kandungan potasium dalam pisang membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh (Foto Pexels)
(Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh Foto: Pexels)

3. Pisang menjaga kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis. Pisang menempati peringkat rendah pada indeks glikemik. Artinya, mengonsumsi pisang tidak akan menaikkan kadar gula darah dengan cepat.

4. Pisang membantu melawan anemia

Penderita anemia disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya zat besi untuk produksi hemoglobin. Pisang memiliki zat besi yang tinggi.

5. Pisang baik untuk kulit

Kandungan mangan dalam pisang membantu produksi kolagen yang membuat kulit terlihat dan terasa kinclong. Konsumsi pisang juga membantu sembuh lebih cepat setelah cedera.

6. Pisang meningkatkan libido

Konsumsi membantu meningkatkan fungsi organ reproduksi pria. Hal ini karena pisang tinggi akan vitamin B dan bromelin yang tinggi yang dapat mengatur hormon seksual dan penting yang dapat meningkatkan kekuatan seksual, fungsi seksual, dan kejantanan.

7. Pisang  baik untuk ginjal

Pisang mengandung potasium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Berbagai penelitian juga membuktikan hal ini.


 
(RUL)

MOST SEARCH