FITNESS & HEALTH

3 Berita Terpopuler Gaya: Mengenali Gejala Stroke Hingga Koleksi Nyaman Saat Ibadah Umroh

Yatin Suleha
Rabu 26 Oktober 2022 / 06:05
Jakarta: Stroke merupakan penyakit disfungsi sistem saraf. Penyebabnya karena adanya gangguan aliran darah ke otak, spinal, atau retina yang ditandai dengan adanya gejala klinis defisit neurologis dan dapat menyebabkan cacat permanen atau kematian.

“Secara global, data dari World Stroke Organization menyatakan bahwa 1 dari 4 terkena stroke dalam rentang kehidupannya. Dan setiap 2 detik di seluruh dunia akan ada 1 orang terkena stroke,” kata dr. M. Kurniawan, Sp.S(K) pada bincang virtual mengenai stroke, Selasa 25 Oktober 2022.

Jika mengalaminya di bagian otak, maka kata dr. Kurniawan, bisa menyebabkan kelumpuhan seluruh atau setengah tubuh. Sedangkan di spinal akan terjadi kelumpuhan di bagian kaki atau tangan.

"Kalau di retina maka terjadi kelumpuhan pada penglihatan atau buta mendadak,” jelas dr. Kurniawan. Berikut ini, Medcom.id/gaya merangkum berita menarik yang terjadi sepanjang Selasa, 25 Oktober 2022:
 

1. Waspada Stroke, Ketahui Beberapa Gejalanya


Stroke adalah salah satu penyakit di bagian saraf yang menyerang pembuluh darah di otak dan merupakan penyebab kecacatan nomor satu di dunia. Dinukil dari laman Primayahospital, penyakit stroke paling sering menyerang laki-laki dibanding perempuan. Terutama di usia lebih dari 45 tahun ke atas. Stroke dibagi menjadi dua yaitu stroke perdarahan dan stroke penyumbatan.

Pengobatan untuk pasien stroke perdarahan akan dilihat sebesar apa perdarahannya, ada indikasi operasi atau tidak. Sedangkan untuk stroke penyumbatan biasanya kita berikan obat-obatan pengencer darah. Untuk preventifnya harus kontrol rutin, menjaga pola makan dan hidup sehat, penanganan stres.



Selengkapnya klik di sini
 

2. Gratis! Pemerintah Berikan Obat Gangguan Ginjal Akut untuk Anak-anak


Penyakit Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal atau Acute Kidney Injuries (AKI), masih menjadi keresahan tersendiri bagi orang tua. Betapa tidak, obat sirop yang biasa diberikan kala si kecil demam atau batuk, kini sebagian besar dilarang oleh pemerintah. 

Dan untuk mengatasi penyakit tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan akan mempercepat kedatangan Fomepizole sebagai pengobatan pasien dengan penyakit AKI ini. Dan obat antidotum ini akan diberikan secara gratis kepada seluruh pasien.

"Kita sangat berharap bahwa obat ini (Fomepizole) memberikan dampak positif dan kita akan mempercepat kedatangannya ke Indonesia sehingga anak-anak bisa terselamatkan," ujar Menkes saat konferensi pers di Istana Negara, Senin kemarin. "Obat ini pun akan diberikan secara gratis kepada pasien AKI," lanjut Menkes.



Selengkapnya klik di sini
 

3. Ini Koleksi Busana Wanita yang Nyaman Dipakai saat Ibadah Umroh


Selain menyiapkan beberapa dokumen untuk keberangkatan, buku panduan doa dan dzikir umroh, busana juga menjadi salah satu item yang tak boleh dilewatkan. Pasalnya, saat beribadah umroh, penting sekali untuk mengenakan busana yang sesuai syariat dan nyaman ketika dipakai.

Terlebih dengan cuaca di tanah suci umumnya yang lebih ekstrim, di mana bisa sangat panas dibulan-bulan tertentu. Sehingga dianjurkan untuk para jamaah memilih busana yang sesuai agar hal tersebut tidak mengganggu ibadah. 

Melihat dari latar belakang tersebut, pemilik Donna Prive, Muliani Alif Lakoreasa, menilai pemilihan busana yang nyaman dan merasa terlindungi selama melaksanakan ibadah umrah menjadi prioritas para jemaah saat ini dan pemilihan bahan pakaian menjadi hal yang utama. 



Selengkapnya klik di sini
(TIN)

MOST SEARCH