FITNESS & HEALTH

Tips Mengelola Kesehatan Mental Lansia di Masa Pandemi Covid-19

Raka Lestari
Selasa 20 Oktober 2020 / 11:59
Jakarta: Kelompok lansia merupakan salah satu kelompok yang rentan mengalami gangguan kesehatan mental. Seiring bertambahnya usia, terjadi penurunan fungsi tubuh serta adanya keterbatasan dalam beraktivitas yang dialami lansia yang memicu stres, depresi, atau perasaan tidak berguna. 

Selain itu, sering kali lansia mengalami kehilangan orang-orang terdekat di hidupnya, yang memicu terjadinya depresi dan kesepian.

Pada era pandemi covid-19 saat ini, angka gangguan kesehatan mental pada lansia meningkat. Gangguan kesehatan mental ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti perasaan terasingkan karena tidak boleh keluar rumah atau cemas dan takut terinfeksi virus. 

Oleh karena itu, perlu bagi lansia dan keluarga mengetahui bagaimana mengatasi gangguan kesehatan mental ini. Dengan kesehatan mental yang baik, kualitas hidup pun juga akan menjadi lebih baik.

Menurut dr. Gina Anindyajati, Sp.KJ, dokter spesialis kesehatan jiwa dari RSUI, “Sejak pandemi covid-19, dua dari lima lansia mengalami gangguan jiwa. Pembatasan sosial meningkatkan isolasi sosial dan rasa kesepian pada lansia selama pandemi.”


lansia
(Beri dukungan bagi lansia seperti memberikan hadiah, saling bertukar cerita, sering menelepon atau mengunjungi dan mengirim makanan. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Ia memberikan beberapa tips mengelola kesehatan jiwa pada lansia, di antaranya dengan menerapkan pola hidup sehat (aktivitas fisik teratur, pola makan seimbang, tidur berkualitas).

Selain itu sering menstimulasi otak (misalnya dengan mengikuti kelas online atau bermain game), serta terus aktif membangun jejaring sosial dan terhubung dengan dunia luar.

“Jarak bukan berarti isolasi sosial, dengan kemajuan teknologi saat ini walaupun sedang #dirumahaja, kita masih bisa berkomunikasi melalui video call dan chatting. Dukungan dari keluarga juga tak kalah penting dalam menjaga kesehatan jiwa lansia," kata dr. Gina.

"Bentuk dukungannya dapat berupa memberikan hadiah, saling bertukar cerita, sering menelepon atau mengirim makanan (jika tidak tinggal di satu rumah), memberikan informasi yang singkat dan jelas terkait pandemi, serta membantu dan mendukung lansia dalam menerapkan pola hidup sehat,” jelasnya.

Terkait kondisi kesehatan mental yang sudah tidak dapat ditangani sendiri, dr. Gina menyarankan agar segera mencari bantuan profesional. 

Beberapa kondisi yang perlu untuk segera dibawa ke dokter diantaranya:

1. Masalah perasaan, pikiran, dan perilaku yang sudah menganggu fungsi harian

2. Gejala sulit dikendalikan dengan upaya apapun yang sudah dicoba; dan

3. Memiliki gangguan fisik yang berisiko.
(TIN)

MOST SEARCH