FITNESS & HEALTH

Awas, Terlalu Cemas Berdampak Buruk pada Kulitmu

Kumara Anggita
Rabu 07 April 2021 / 12:54
Jakarta: Semua orang di waktu tertentu pernah memiliki kecemasan yang berlebihan terhadap sesuatu yang ada di hidupnya. Namun, ini perlu dikontrol. 

Pasalnya, kecemasan yang kamu rasakan bisa memberikan banyak dampak buruk pada fisik terutama kulitmu. Seperti dua kondisi di bawah ini!

 

Bikin jerawatan


Mengutip dari Insider, Laura Chackes, psikolog berlisensi dan pemilik The Center for Mindfulness & CBT di St. Louis, Missouri menjelaskan bahwa saat kecemasan muncul, beberapa hormon bekerja. Hal ini membuat tubuh memproduksi beberapa hal lebih banyak dibanding biasanya.

"Banyak orang berbicara tentang stres dan kecemasan yang menyebabkan kulit mereka jerawatan dan sebenarnya ini ada benarnya," kata Chackes. 

"Stres menyebabkan tubuh Anda (meningkatkan produksi hormon) yang dapat meningkatkan produksi minyak, sehingga menyebabkan jerawat dan kondisi kulit lainnya,” tambahnya. 


(Kecemasan dan stres juga dapat memperburuk kondisi kulit sehingga menyebabkan gatal-gatal. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Memperburuk penyakit kulit yang sudah ada 


Selain itu, beberapa orang juga memiliki penyakit kulit bawaan yang suka kambuh di waktu tertentu. Bila kamu cemas, maka penyakit-penyakit itu akan lebih mudah muncul.

"Kecemasan dan stres juga dapat memperburuk kondisi kulit yang sudah ada seperti eksim, psoriasis, rosacea. Hal ini juga dapat menyebabkan ruam dan gatal-gatal," tutur Chackes.

Mengunjungi dokter kulit dapat membantu menyelesaikan masalah. Akan tetapi, kamu mungkin juga ingin berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental jika yakin kecemasan dapat berkontribusi pada masalah kulit yang kamu alami saat ini. 

(yyy)

MOST SEARCH