FITNESS & HEALTH

Wajib Tahu, Ini Kegiatan yang Tak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Medcom
Rabu 06 Juli 2022 / 07:00
Jakarta: Makan mungkin nampak seperti kegiatan yang santai. Namun, ternyata langsung melakukan aktivitas tertentu setelah makan bisa memberikan dampak yang membuat tubuh jadi tidak nyaman. Mulai dari memicu gangguan pencernaan hingga merusak enamel gigi. 

Berikut empat kegiatan yang perlu dihindari setelah makan, dikutip dari Healthline:
 

1. Mandi

Setelah makan, tubuh langsung bekerja untuk untuk mencerna makanan. Maka, jika kamu berendam atau mandi setelah makan justru bisa membuat perut jadi kram dan mengalami gangguan pencernaan. 

Untuk menghindari hal itu, sebaiknya tunggu sekitar 20 menit setelah makan bila ingin mandi. Meskipun, hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan garis waktu yang tepat untuk kegiatan tersebut.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

2. Menggosok gigi

Menyikat gigi setelah makan dapat menutupi gigi dengan partikel makanan yang sangat asam. Bukan melindungi gigi dengan fluorida, justru kamu malah merusak enamel saat menyikat gigi tepat setelah makan. Sebaiknya tunggu selama 30 menit, atau gosok gigi tepat saat kamu bangun dan sebelum tidur.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Olahraga

Kamu mungkin tidak ingin segera pergi ke gym setelah menelan banyak kalori. Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu setidaknya 45 menit untuk memulai latihanmu setelah makan berat, karena ini baik untuk latihan dan juga sistem pencernaanmu.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

4. Tidur

Berbaring tepat setelah kamu makan mungkin tidak baik untuk lapisan esofagus. Kamu harus menunggu sampai tubuh bekerja dan memindahkan makanan ke dalam usus sebelum tidur. Ini juga akan membantu mencegah refluks asam lambung ke kerongkongan.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)

MOST SEARCH