FITNESS & HEALTH

Jenis Sarapan yang Sebaiknya Dihindari Pasien Diabetes

Raka Lestari
Kamis 19 November 2020 / 17:14
Jakarta: Sarapan merupakan salah satu bagian penting untuk memulai hari karena dengan sarapan yang bernutrisi, itu bisa menjadi sumber energi dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Akan tetapi, bagi pasien diabetes penting sekali untuk memilih sarapan yang seimbang untuk menjaga agar kadar gula darah tetap stabil.

Dilansir dari Eating Well, berikut ini adalah beberapa jenis sarapan yang sebaiknya dihindari pasien diabetes:
 

Sosis dan telur 


Toby Smithson, seorang ahli gaya hidup diabetes sekaligus penulis buku “Diabetes Meal Plannng and Nuttrition fur Dummies” mengatakan, jika kamu mencari sarapan rendah karbohidrat mungkin akan memilih sosis dan telur. Tetapi keduanya memiliki lemak jenuh yang tinggi yang dapat meningkatkan risiko untuk penyakit jantung. ”Seseorang dengan diabetes memiliki risiko tinggi untuk penyakit jantung," katanya.


Sereal 


Ahli diet Melissa Halas, M.A., R.D.N., C.D.E. dari Melissa's Healthy Living mengatakan bahwa sereal dengan kandungan gula yang tinggi tidak cocok dikonsumsi pasien diabetes. “Ketika mengonsumsinya, sangat mungkin kita mengonsumsinya secara berlebihan. Selain itu, bahkan sereal yang mengandung serat tinggi pun bisa mengandung gula yang tinggi.”
 

Yogurt dengan gula tambahan


Yogurt yang ditambahi buah atau perasa juga bisa memiliki tambahan gula yang cukup banyak, yang bisa meningkatkan kadar gula darah. Meski yogurt memang menyediakan protein, ia juga menyediakan gula alami dalam bentuk laktosa. Untuk itu, pilih yogurt tanpa rasa dan tambahkan rasa Anda sendiri dengan sedikit pemanis atau buah segar atau beku.
 

Jus buah


Mengonsumsi jus buah untuk sarapan terlihat menjadi pilihan yang sehat, terutama jika kamu memilih jus dengan buah asli atau buatan sendiri. Akan tetapi, jus buah dapat mengandung karbohidrat dalam jumlah yang sama seperti satu kaleng soda dan bisa menyebabkan peningkatan gula darah. Jus buah sangat cepat dicerna dan tidak akan membantu membuat kamu merasa kenyang, tidak seperti jika makan buah secara utuh.
 

Pancakes 


Setumpuk pancake yang ditaburi mentega dan sirup maple, memang enak tapi belum tentu menjadi pilihan terbaik jika kamu memiliki diabetes. Kandungan karbohidrat, mulai dari pancakes dan sirup dapat meningkatkan gula darah dan tidak mengandung serat yang cukup sehingga memperlambat penyerapan di aliran darah.
(YDH)

MOST SEARCH