FITNESS & HEALTH

5 Makanan Ini akan Melancarkan Metabolisme dan Meningkatkan Kesehatan Mentalmu

Mia Vale
Selasa 15 November 2022 / 08:00
Jakarta: Kunci menyelesaikan masalah kesehatan mental adalah benar-benar memahami metabolisme itu sendiri, menurut Psikiater Harvard, Chris Palmer, M.D., penulis Brain Energy. 

"Metabolisme adalah proses yang digunakan sel kita untuk memecah produk makanan, mengubahnya menjadi energi yang digunakan untuk memelihara atau menumbuhkan sel, dan ini melibatkan pengelolaan produk limbah," jelasnya di episode podcast Mind Body Green.

Ingat, metabolisme adalah dasar dari definisi kehidupan. Bahkan, Palmer menyatakan bahwa gangguan jiwa termasuk dalam gangguan metabolisme otak. Dengan begitu kamu mulai menghubungkan titik-titik tersebut. Kamu bisa mulai memahami mengapa neurotransmiter mengalami disregulasi. Kamu juga bisa memahami mengapa hormon mengalami disregulasi dan mengapa kekurangan vitamin atau nutrisi dapat menyebabkan penyakit mental.

Dan pada akhirnya, kamu dapat memahami betapa pentingnya diet seimbang bagi kesehatan mental. Tentu, metabolisme yang sehat bergantung pada lebih dari apa yang kamu makan, tetapi menilai pola makan adalah tempat yang tepat untuk memulai. Di sini, Palmer menyebutkan makanan pokok untuk suasana hati yang seimbang, di antaranya:
 

Ikan salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 untuk meningkatkan kesehatan metabolisme dan otak. Omega-3 dalam jumlah yang cukup dalam tubuh telah dikaitkan dengan tekanan darah dan sirkulasi yang sehat. Dengan menurunkan tekanan darah, penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat mengurangi risiko PJK (penyakit jantung koroner). 

Sementara, dalam hal kesehatan mental, satu penelitian menunjukkan bahwa lemak omega-3 dapat mengurangi stres. Penelitian lain menunjukkan bahwa diet kaya asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan keseimbangan emosi yang sehat dan suasana hati yang positif. Kamu mungkin ingin membuat makanan pokok kaya omega-3, seperti salmon, mackerel, ikan teri, sarden, dan herring (biasanya disebut sebagai SMASH).
 

Telur

Palmer juga menganggap telur sebagai tambahan yang bagus untuk otak yang sehat. Telur, kaya akan kolin, bahan kimia prekursor untuk asetilkolin, salah satu neurotransmiter paling mendasar yang penting untuk sistem saraf.



(Telur. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Sayuran rendah karbohidrat

"Saya pasti akan mendorong sayuran rendah karbohidrat. Bayam, brokoli, asparagus. Mereka menyediakan serat, yang bisa sangat membantu dan bermanfaat bagi usus kebanyakan orang." ujar Palmer. 

Pasalnya, dengan memberi makan mikroba sehat di usus, kamu secara inheren juga mendukung kesehatan mental. Belum lagi, sebuah meta-analisis dari delapan studi menemukan bahwa konsumsi sayuran hijau secara signifikan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Jadi, pertimbangkan mereka sebagai pemenang utama untuk kesehatan jantung dan mental.
 

Minyak zaitun

Minyak zaitun berkualitas tinggi penuh dengan polifenol, yang mengandung antioksidan pelindung otak yang kuat. Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun juga dapat membantu mendukung kolesterol sehat. Dan jika kamu benar-benar khawatir tentang peningkatan umur panjang, kamu harus tahu bahwa sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak minyak zaitun, terutama sebagai pengganti lemak lain, dapat memperpanjang umur.
 

Alpukat

Buah hijau bernutrisi ini tidak hanya memiliki banyak serat, tetapi juga mengandung magnesium, yang telah terbukti bermanfaat untuk depresi. Menurut Palmer, pendekatan metabolisme untuk kesehatan mental sangat penting untuk mengetahui akar masalahnya dan mengoptimalkan kesejahteraan seluruh tubuh. Mereka mengatakan makanan apa pun yang baik untuk jantung, bagus juga untuk otak.
(yyy)

MOST SEARCH