FITNESS & HEALTH

Mengatasi Nyeri hingga Meningkatkan Mood, Ini 5 Manfaat Pilates bagi Kesehatan

Medcom
Kamis 25 Agustus 2022 / 08:00
Jakarta: Pilates merupakan latihan yang berintensitas rendah dan berulang untuk membangun kekuatan serta fleksibilitas tubuh. Meskipun dikenal dapat memperkuat inti tubuh (core), ternyata manfaat dari pilates tidak hanya itu lho!

Melansir dari Bustle, berikut ini adalah beberapa manfaat dari melakukan pilates untuk tubuh:
 

Memperkuat tubuh

Kamu tidak harus selalu mengangkat beban untuk menjadi lebih kuat. "Pilates adalah latihan berbasis inti yang melibatkan otot tubuh melalui gerakan yang tepat untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan, tidak perlu dumbel," kata Femi Betiku, ahli terapi fisik dan instruktur Club Pilates.
 

Mengurangi nyeri

"Inti dan postur tubuh yang lebih kuat dapat meringankan dan mencegah nyeri punggung," kata Betiku. Penelitian juga menunjukkan bahwa pilates juga dapat membantu mengatasi kondisi nyeri kronis seperti arthritis dengan meningkatkan mobilitas tubuh dan kesehatan mental.


(Pilates adalah latihan berbasis inti yang melibatkan otot tubuh melalui gerakan yang tepat untuk meningkatkan kekuatan. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Memperbaiki postur tubuh

"Bonus tambahan lain dari melakukan pilates adalah memperbaiki postur tubuh," kata Amanda Jenny, seorang instruktur pilates. Bagian inti tubuh atau core yang lebih kuat menandakan bahwa otot-otot bagian perut bisa menahan tubuh agar tetap tegak sepanjang hari. Dengan begitu, hal ini bisa mencegah postur tubuh yang membungkuk terutama ketika work from home (WFH).
 

Meningkatkan keseimbangan

Menurut Betiku, sama seperti otot inti yang lebih kuat yang dapat membantu menjaga postur tubuh menjadi tetap tegak, pilates juga dapat meningkatkan stabilitas tubuh. Dan inti yang lebih stabil membuat tubuh lebih stabil sekali pun berdiri pada permukaan yang tidak rata, mencegah tubuh lebih mudah tersandung, dan membuat tubuh tetap bergerak.
 

Meningkatkan mood

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan pilates secara rutin dapat mengurangi kecemasan, depresi dan meningkatkan energi. Latihan pilates ini berfokus pada pernapasan sehingga bisa meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh dan membantu otak untuk berpikir lebih jernih. 
(yyy)

MOST SEARCH