FITNESS & HEALTH

Kurangi Risiko Kematian, Ayo Booster Vaksinasi Covid-19, Khususnya Lansia

Mia Vale
Rabu 09 November 2022 / 16:09
Jakarta: Meski banyak negara yang sudah melonggarkan turis asing untuk bertandang ke negaranya, pandemi virus korona penyebab covid-19 masih belum hilang. Covid-19 masih melanda seluruh dunia.

Kasus bertambahnya kasus infeksi virus korona masih terjadi di berbagai negara. Dan berdasar data dari Kemenkes, kasus covid-19 di Indonesia kembali mengalami peningkatan.   

Sampai tanggal 8 November 2022 lalu, angka positif harian covid-19 di Indonesia bertambah 6.601 kasus, tertinggi sejak 22 Maret 2022. Jumlah kasus positif covid-19 di Indonesia kini menjadi 6.531.721 orang, dengan kasus aktif mencapai 40.852.

Untuk itu, sebagaimana yang dilansir dari laman resmi Kemenkes, pemerintah terus menggenjot capaian vaksinasi covid-19 untuk mengurangi risiko kesakitan dan kematian akibat covid-19, utamanya kelompok lansia.

“Vaksin ini sangat penting untuk melindungi kita terutama yang usia lanjut,” ujar Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin di Jakarta, Rabu, 9 November 2022. 

Menkes Budi mengatakan perlunya vaksinasi karena mayoritas penyebab pasien covid-19 dengan kondisi berat hingga kritis di rumah sakit dan pasien yang meninggal karena tidak divaksin atau vaksinnya belum lengkap terutama vaksin booster.


(Menkes menegaskan, "Sekali lagi pesan saya satu, segera booster, agar seluruh masyarakat kita terlindungi dari covid-19." Foto: Ilustrasi/Freepik.com)

Tercatat dari periode 4 Oktober hingga 8 November 2022 sebanyak 27.081 pasien konfirmasi positif covid-19 mendapatkan perawatan di rumah sakit. Dari jumlah tersebut, hampir separuh atau sebanyak 10.639 pasien memiliki gejala sedang, berat hingga kritis, di mana 74 persen di antaranya belum mendapatkan vaksin booster covid-19.

Sementara itu, pasien tercatat meninggal dunia pada periode yang sama sebanyak 1.373, di mana 84 persen dan di antaranya belum mendapatkan vaksin booster covid-19. Kematian tertinggi pada kelompok lansia dan 50 persen lansia ini belum mendapatkan vaksinasi.

“Kalau sudah booster, maka risiko kesakitan dan kematian karena covid-19 turun jauh dibandingkan yang belum vaksin,” imbuh Menkes Budi. 

Dikatakan Menkes, meski capaian vaksinasi dosis lengkap pada level nasional cukup menggembirakan, namun capaian vaksinasi lansia masih belum memenuhi target. 

Untuk vaksinasi booster covid-19, baru 3 provinsi di Indonesia yang memenuhi target 50 persen lansia yaitu Provinsi DKI Jakarta, Bali, dan Jawa Barat. 

“Sekali lagi pesan saya satu, segera booster, agar seluruh masyarakat kita terlindungi dari covid-19," tegas Menkes. 

Ia pun meminta kepada seluruh dinas kesehatan untuk terus meningkatkan capaian vaksinasi di wilayahnya masing-masing. Midal, mengaktifkan sentra-sentra vaksinasi hingga upaya jemput bola kepada masyarakat.
(TIN)

MOST SEARCH