FITNESS & HEALTH

Dari Meredakan Stres hingga Mengatasi Kerutan di Wajah, Inilah Manfaat Lavender

A. Firdaus
Selasa 30 Agustus 2022 / 16:20
Jakarta: Mulai dari masih berbentuk tanaman minyak esensial, lilin, hingga produk mandi, lavender memiliki banyak manfaat. Tak ayal, lavender kini menjadi tanaman yang serbaguna.

Berikut ini Medcom.id merangkum manfaat lavender:
 

1. Stres


Khasiat menenangkan dari lavender seringkali dijadikan andalan untuk meredakan stres. Namun, beberapa orang tidak yakin benar bahwa lavender benar-benar bisa membantu menenangkan pikiran.

Efek menenangkan linalool, alkohol alami pada lavender yang memberi aroma unik, adalah hasil aktivasi reseptor neurotransmitter spesifik di otak melalui sel-sel sensorik khusus yang disebut neuron penciuman.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa menghirup lavender memiliki efek serupa pada otak seperti mengambil benzodiazepin seperti valium. Jenis obat ini dapat menyebabkan pusing, sedangkan binatang percobaan yang menghirup lavender tidak mengalami efek sampingnya.

Kamu dapat menghirup aroma lavender dari minyak esensial, garam mandi, produk pembersih rumah, pengharum ruangan atau membuat sendiri kantong kecil yang berisi daun lavender. Lavender juga dapat mengusir ngengat, sehingga dapat mencegah pakaian rusak.
 

2. Rambut


Menurut Verywell Mind, studi juga menunjukkan bahwa minyak lavender meningkatkan relaksasi, mengurangi depresi dan kecemasan, melawan insomnia, dan banyak lagi. Dan salah satu manfaat lain dari minyak lavender juga dianggap bagus untuk kesehatan rambut.

Menurut Healthline, minyak lavender kemungkinan memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Satu studi pada tahun 2016 yang diterbitkan dalam Toxicology Research menemukan bahwa secara rutin menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung minyak lavender selama sebulan berturut-turut tidak hanya meningkatkan folikel rambut tetapi juga mempertebal lapisan dermal.

Lavender juga mengandung sifat antibakteri dan antimikroba, yang berarti membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur agar tidak menyebar. Oleh karena itu, mengoleskan minyak lavender ke kulit kepala dapat meredakan masalah kulit kepala yang umum, seperti ketombe, kulit kepala gatal, dan infeksi lainnya.
 

3. Migrain


Lavender sering digunakan untuk membantu orang tidur, mengurangi stres, kecemasan, atau depresi. Banyak yang percaya bahwa ini bisa membantu meredakan sakit kepala dan migrain yang dipicu oleh stres.

Sebuah studi pada 2012 menunjukkan bahwa menghirup minyak esensial lavender dapat menjadi pengobatan yang aman dan efektif untuk mengatasi sakit kepala seperti migrain.
 

4. Pengusir nyamuk


Lavender terkenal khasiatnya juga untuk bisa mengusir nyamuk. Sebab, nyamuk tidak suka bau bunga lavender. Ekstrak lavender juga salah satu bahan baku atau tanaman pengusir nyamuk.

Minyak lavender mengandung hingga 25 persen linalool, alkohol terpenoid yang mempengaruhi aromanya. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, lavender menjadi bahan aktif lebih dari 12 produk terdaftar yang digunakan untuk mengusir nyamuk.


5. Mengatasi kerutan pada wajah


Minyak lavender mengandung antioksidan yang mampu untuk melindungi kulit wajah dari radikal bebas. Caranya mencampur minyak lavender dengan minyak kelapa.
(FIR)

MOST SEARCH