FITNESS & HEALTH

5 Pilihan Alternatif Sebagai Pengganti Pasta Gigi

Mia Vale
Rabu 07 September 2022 / 10:05
Jakarta: Fluoride yang terkandung di dalam pasta gigi merupakan bahan penting untuk mencegah gigi berlubang dan menjaga kesehatan gigi. 

Dan ternyata ada banyak bahan lain yang bisa digunakan sebagai alternatif menurut Inspire. Misalnya salah satunya adalah kunyit. Rempah-rempah ini mungkin lebih dikenal sebagai bahan untuk masakan. Tapi ternyata, kunyit juga bisa dipakai untuk pasta gigi, karena sifat antiplak, antibakteri, dan anti-inflamasinya.

Campur kunyit satu sendok teh dengan minyak mustard, dan dapatkan pasta gigi di rumah! Pastikan untuk membilasnya dengan baik setelah selesai. 

Bisa juga bisa membuat obat kumur yang menggabungkan bubuk kunyit dengan secangkir air hangat yang disaring. Kumur-kumur selama berkisar satu menit dan buang. Bahan alami lainnya di bawah ini:



(Minyak kelapa murni diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa diolah menggunakan bahan kimia tambahan atau diproses tanpa suhu tinggi. Hal tersebut bertujuan agar kandungan alami, seperti senyawa phenolic, tidak hilang atau rusak. Senyawa phenolic berperan sebagai antioksidan. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

1. Minyak kelapa 


Ini adalah bahan alami sederhana lainnya yang sangat baik untuk membunuh bakteri dan jamur. Cukup tuangkan satu sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut selama berkisar 10 menit dan kemudian menyikatnya dengan air biasa. Atau campur minyak dengan soda kue untuk membuat pasta gigi sendiri. 
 

2. Kulit jeruk 


Tahukah kamu, begitu banyak manfaat menggunakan kulit jeruk sebagai alternatif pasta gigi. Pertama, bekerja sebagai penghilang plak yang hebat. Selain itu, Vitamin C mencegah kerusakan gigi dan membuat napas tetap segar. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gosokkan bagian dalam kulit jeruk segar pada gigi dan gusi. Setelah lima menit bilas mulut dengan air.
 

3. Soda kue 


Ini adalah metode jadul yang cukup umum pada 100 tahun yang lalu. Caranya, campur cangkir baking soda dengan satu sendok teh garam laut dan berkisar 10 tetes minyak esensial peppermint, spearmint, atau jeruk. Tambahkan air yang disaring secukupnya untuk membuat konsistensi pasta. Sekarang kamu memiliki sesuatu yang tidak hanya sangat efektif, tetapi rasanya jauh lebih enak! 
 

4. Akar licorice


Seperti banyak alternatif pasta gigi lainnya, akar licorice atau akar manis melakukan banyak hal termasuk menghilangkan plak, mencegah radang gusi, dan membunuh bakteri. 
 

5. Garam 


Ini cukup sederhana! Gunakan garam setengah sendok teh saja. Lalu campurkan dengan sedikit air hangat untuk membuat pasta encer dan pasta gigi alami siap digunakan. 

(TIN)

MOST SEARCH