FITNESS & HEALTH

Mitos atau Fakta, Garam dan Kopi Sebabkan Osteoporosis

Sandra Odilifia
Kamis 22 Oktober 2020 / 14:38
Jakarta: Belakangan ini, garam dan kafein menjadi sorotan karena dapat menyebabkan osteoporosis. Dan mungkin kamu sebagai pencinta makanan asin atau kopi juga bertanya-bertanya, hal itu benar atau enggak ya?

Melansir dari WASH, osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai dengan penurunan massa tulang. Dalam kondisi ini, tulang menjadi tipis, rapuh, dan mudah patah.

Tentunya, penyakit ini bisa berdampak fatal yang mengakibatkan kelumpuhan bahkan kematian. Lalu apakah mengonsumsi garam dan kafein dapat memperburuk keaadan tersebut?
 

Garam


Katherine Marengo LDN, R.D via Healthline bilang ternyata mengonsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan pengeluaran kalsium dari tubuh menjadi tinggi, yang tentunya berbahaya bagi tulang kamu.

Untuk itu, sebaiknya hindari makanan yang mengandung natrium tinggi. Bila memungkinkan, batasi asupan kamu tidak lebih dari 2.300 miligram atau sama dengan satu sendok teh garam per hari.

"Secara umum, untuk setiap 2.300 miligram natrium yang kamu konsumsi, sekitar 40 miligram kalsium hilang dalam urine," ujar Linda K. Massey, PhD, RD, seorang profesor nutrisi manusia di Washington State University di Spokane.


osteoporosis
(Kafein juga terdapat dalam teh dan minuman berenergi. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Kafein


Masih dari sumber yang sama, kafein diketahui dapat menurunkan penyerapan kalsium dan berkontribusi pada pengeroposan tulang. "Kamu kehilangan sekitar 6 miligram kalsium untuk setiap 100 miligram kafein yang dicerna," kata Massey.

Kerugiannya memang tidak sebanyak garam, tapi ini menjadi masalah serius jika seseorang tidak mendapatkan cukup kalsium, namun rutin minum kafein setiap hari.

Tidak hanya kopi, kafein juga terkandung dalam minuman seperti teh, soda dan minuman berenergi, tentunya dengan jumlah yang bervariasi.

Tetapi, kopi adalah sumber utama kafein. Secangkir kopi 16 ons dapat menghasilkan 320 miligram. Soda berkafein tinggi dapat mengandung hingga 80 miligram per kaleng atau lebih. Jadi, pilihlah minuman ini dalam jumlah sedang.
 

Kebutuhan nutrisi


Saat kamu menderita osteoporosis, ada beberapa nutrisi penting yang kamu butuhkan agar tulang kamu menjadi kuat kembali. Nutrisi yang harus kamu fokuskan adalah kalsium, vitamin D, protein, vitamin C, magnesium, vitamin K, dan zinc. Jadi, jangan lupakan kesehatan tulang kamu ya!
(TIN)

MOST SEARCH