FITNESS & HEALTH

7 Kebiasaan yang Bikin Gula Darahmu Melonjak

Kumara Anggita
Sabtu 08 Mei 2021 / 08:05
Jakarta: Pasien diabetes perlu untuk berhati-hati saat makan, minum, dan melakukan kegiatan sehari-hari. Kebiasaan-kebiasaan tertentu bisa menyebabkan gula darah melonjak yang berisiko bagi tubuh.

Mengutip dari Healthline, kamu bisa mulai dari mencatat semua makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Kemudian periksa kadar gula darah sesuai dengan rekomendasi dokter.

Informasi yang tercatat selama beberapa hari dapat membantumu dan dokter untuk menemukan apa yang menyebabkan lonjakan gula darah tersebut. Berikut penyebab gula darahmu melonjak di antaranya:
 

1. Karbohidrat


Karbohidrat adalah masalah yang paling umum. Karbohidrat dipecah menjadi glukosa dengan sangat cepat. Jika kamu menggunakan insulin, bicarakan dengan dokter tentang rasio insulin untuk karbohidratmu.
 

2. Buah-buahan


Buah-buahan segar memang menyehatkan, tetapi mengandung sejenis gula yang disebut fruktosa yang meningkatkan gula darah. Kendati demikian, buah-buahan segar tetap merupakan pilihan yang lebih baik daripada jus, jeli, atau selai.
 

3. Makanan berlemak


Makanan berlemak dapat menyebabkan apa yang dikenal sebagai 'efek pizza'. Pizza menjadi contoh karena karbohidrat dalam adonan dan saus akan segera menaikkan gula darahmu, tetapi lemak dan protein takkan memengaruhi gula kamu sampai beberapa jam kemudian.
 

4. Jus, soda, minuman elektrolit, dan minuman kopi bergula


Semua minuman ini mempengaruhi gula darahmu. Jadi jangan lupa untuk menghitung karbohidrat dalam minuman kamu.
 

5. Alkohol


Alkohol segera meningkatkan gula darah, terutama bila dicampur dengan jus atau soda. Tapi ini juga bisa menyebabkan gula darah rendah beberapa jam kemudian.
 

6. Kurangnya aktivitas fisik secara teratur


Aktivitas fisik harian membantu insulin bekerja lebih efektif. Bicaralah dengan dokter tentang penyesuaian obat agar sesuai dengan jadwal latihanmu.
 

7. Mengobati gula darah rendah secara berlebihan


Perlakuan berlebihan sangat umum terjadi. Bicaralah dengan dokter tentang apa yang harus dilakukan ketika kadar glukosa darahmu turun, sehingga kamu dapat menghindari perubahan besar dalam kadar glukosa darah.
(FIR)

MOST SEARCH