FITNESS & HEALTH

Cara Melindungi Anak yang Belum Mendapat Vaksin Covid-19

Raka Lestari
Rabu 21 April 2021 / 09:48
Jakarta: Saat ini proses vaksinasi sudah dilakukan serta beberapa kelompok masyarakat juga sudah banyak yang mendapatkan vaksinasi covid-19. Meskipun demikian, ada beberapa kelompok yang mungkin saat ini belum mendapatkan vaksinasi covid-19.

Salah satunya adalah anak-anak, yang memang belum mendapatkan vaksinasi covid-19. Untuk mencegah mereka terinfeksi covid-19, berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan oleh orang tua:   
 

1. Menghindari asupan gula


Dr Michael Goran, Ph.D., profesor pediatri di Children's Hospital of Los Angeles, percaya bahwa konsumsi gula yang berlebihan mendasari banyak risiko kesehatan yang dihadapi anak-anak. Menurutnya, anak-anak belum mendapatkan vaksin covid-19, maka hal terbaik yang dapat orang tua lakukan adalah meningkatkan kekebalan alami, yang dapat dilakukan dengan mengubah pola makan anak-anak.   

“Makanan yang manis dan diproses, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga perlu dikuraangi,” ujarnya kepada The List.

Sebagai gantinya, ia merekomendasikan untuk mengadopsi pendekatan berbasis makanan yang lebih padat nutrisi dan utuh, sebagai sesuatu yang dapat membuat sistem kekebalan lebih kuat.
 

2. Sarapan bebas gula


Menurut Goran, saat memberi makan anak-anak sebaiknya hindari makanan yang manis pada saat sarapan. Makanan pada saat sarapan yang tinggi gula, dapat menyebabkan ledakan energi yang bisa membuat anak menjadi hiperaktif

"Untuk itu beri makanan yang mengandung kurang dari 3 gram gula per sajiannya," saran Goran.

Memberikan suplemen dan sarapan yang mengandung serat dalam bentuk buah atau flax seeds atau chia seeds adalah salah satu caranya. Goran juga menyarankan untuk orang tua mmebuat sendiri sarapan daripada harus membelinya, sehingga bisa menambahkan berbagai nutrisi yang diburuhkan oleh anak.
 

3. Makan siang yang sehat


Goran menyarankan agar orang tua bisa menyediakan makan siang yang padat nutrisi untuk anak. Orang tua bisa memilih berbagai jenis sayuran seperti kubis, bayam, dan brokoli, yang kaya akan kandungan antioksidan. Serta memberikan camilan seperti kacang-kacangan dan buah segar.

"Tambahkan beberapa jenis rempah seperti kunyit yang mengandung sifat anti-inflamasi untuk ditambahkan pada makanan anak,' jelas Goran.
 

4. Tidak mengonsumsi minuman dengan gula tambahan


Anak-anak, sama seperti orang dewasa yang cenderung mengonsumsi jumlah kalori yang tinggi dalam bentuk minuman manis yang mengandung gula tambahan. Goran menyebutkan tidak hanya soda, tetapi jus kemasan yang cenderung lebih banyak gula dapat menyentuh aliran darah dengan cepat.

"Minuman semacam itu cenderung tinggi fruktosa, sesuatu yang akan dimetabolisme dengan cepat oleh liver dalam proses yang menghasilkan molekul reaktif yang melemahkan sistem kekebalan.," pungkas Goran.
(FIR)

MOST SEARCH