FITNESS & HEALTH

7 Buah Terbaik untuk Masa Kehamilan

Sunnaholomi Halakrispen
Jumat 09 Oktober 2020 / 08:05
Jakarta: Selama kehamilan, si kecil bergantung pada kamu untuk memberikan nutrisi yang mereka butuhkan. Itulah mengapa kamu perlu membuat pilihan makanan terbaik untuk bayi di dalam perutmu dan untuk dirimu sendiri.

Jika kamu sedang hamil, kamu mungkin menginginkan sesuatu yang manis. Tapi cobalah untuk tidak membuat kebiasaan meraih sepotong kue atau permen untuk memuaskan gigi itu. Buah adalah solusi yang tepat karena bernutrisi.

Dikutip dari Healthline, berikut 7 buah terbaik yang direkomendasikan untuk dikomsumsi selama kehamilan.

1. Jeruk

Jeruk membantu kamu tetap terhidrasi. Juga merupakan sumber folat atau asam folat yang bagus. Folat adalah vitamin B yang sangat penting dalam membantu mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang atau disebut juga dengan neural tube defect.

American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan untuk mengonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat per hari sebelum kamu hamul. Lalu, setidaknya 600 mcg per hari saat hamil.

Jeruk juga merupakan sumber terpercaya vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel. Ini juga membantu tubuhmu menyerap zat besi. Selain itu, tidak ada salahnya jika bom vitamin kecil ini begitu enak.

2. Mangga

Mangga adalah sumber vitamin C lainnya. Satu cangkir memberikanmu 100 persen dari tunjangan harian yang direkomendasikan untukmu.

Mangga juga tinggi vitamin A. Kekurangan vitamin A saat lahir dikaitkan dengan kekebalan yang lebih rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi, seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

Meskipun jarang, sangat mungkin untuk mendapatkan terlalu banyak vitamin A, menurut tinjauan penelitian 2019. Mangga baik untuk diet kehamilan Anda, tetapi makanlah secukupnya, bersama dengan berbagai buah lainnya.

3. Alpukat

Alpukat memiliki lebih banyak folat dibanding buah lainnya. Juga merupakan sumber yang terpercaya dari vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, magnesium, maupun kalium.
Beberapa wanita mengatakan bahwa alpukat membantu meredakan mual. Hal tersebut kemungkinan karena kandungan kalium dan magnesium dalam buah ini.

Kalium juga dapat membantu meredakan kram kaki, gejala kehamilan yang umum. Sebab, kram kaki sering kali disebabkan oleh rendahnya kalium dan magnesium.
Kolin penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi Anda. Kekurangan kolin dapat menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup.

4. Lemon

Pada studi tahun 2014, orang hamil melaporkan beberapa keberhasilan dalam menggunakan lemon atau aroma lemon. Hal ini untuk membantu meredakan mual terkait kehamilan.
Lemon juga tinggi vitamin C. Manfaatnya, dapat membantu merangsang sistem pencernaan untuk meredakan sembelit.

Pertimbangkanlah untuk menambahkan lemon ke beberapa racikan, seperti ke dalam air hangat, air dingin, atau teh. Kamu juga bisa menggunakannya ke dalam resep masakan, seperti ayam lemon mediterania.

5. Pisang

Pisang adalah sumber lain kalium yang terpercaya. Juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan serat.

Sementara itu, sembelit sangat umum terjadi selama kehamilan. Ini mungkin disebabkan oleh tekanan uterus di usus, khawatir, kegelisahan, diet rendah serat, maupun zat besi dalam vitamin prenatal.

Menambahkan pisang kaya serat dapat membantu. Berdasarkan penelitian di tahun 2014, ditunjukkan bahwa vitamin B6 dapat membantu meredakan mual dan muntah di awal kehamilan.

6. Berries

Buah beri, seperti blueberry, raspberry, stroberi, blackberry, dan goji beri, kaya akan segala jenis kebaikan. Di antaranya, kaya karbohidrat, vitamin C, serat, folat, juga mengandung fitonutrien seperti flavonoid dan antosianin.

Karbohidrat memberikanmu energi yang sangat dibutuhkan. Dengan mudah melewati plasenta untuk memberikan makan pada bayimu. 

Sangat penting untuk makan sebagian besar karbohidrat kompleks padat nutrisi seperti beri, bukan karbohidrat sederhana yang diproses seperti donat, kue, dan kue kering. Maka, pertimbangkan untuk membuat smoothie dengan pisang dan beri untuk makanan atau camilan yang kaya vitamin.

7. Apel

Apel kaya serat dan merupakan sumber terpercaya vitamin C. Selain itu, apel mengandung vitamin A, potasium, dan pektin. Pektin adalah prebiotik yang memberi makan bakteri baik di ususmu.

Untuk mendapatkan hasil terbaik untuk nutrisi, makanlah kulitnya. Pastikan untuk membilasnya dengan banyak air bersih terlebih dahulu.

Di sisi lain, Apel itu portabel dan dapat ditambahkan ke banyak resep. Jadi, pastikan untuk menyimpan buah ini saat kamu mengisinya di dalam kulkas penyimpan makanan segar.
(YDH)

MOST SEARCH