FITNESS & HEALTH

Manfaat Air Rebusan Jahe untuk Tubuh

Raka Lestari
Kamis 18 Februari 2021 / 06:05
Jakarta: Selain bisa dijadikan pelengkap dalam memasak, ternyata jahe juga memiliki manfaat bagi kesehatan jika kamu mengonsumsinya secara langsung. Terutama ketika cuaca sedang dingin. Bahkan Arthritis Foundation menyarankan untuk mengonsumsi jahe sebagai suplemen untuk mendukung kesehatan sendi.

"Jahe memiliki sifat anti-inflamasi, anti-ulkus dan antioksidan, serta sejumlah kecil properti analgesik. Dengan kata lain, jahe dapat membantu dengan rasa sakit dan peradangan yang dapat berasal dari peregangan otot-otot," kata Roberta Lee, MD, wakil ketua Departemen Pengobatan Integratif di Beth Israel Medical Center.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Pain, jurnal resmi American Pain Society, menguji efek dari mengonsumsi jahe, baik secara mentah atau yang sudah diolah selama 11 hari. Hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe secara rutin dapat mengurangi sakit pada otot setelah berolahraga.

Namun manfaat jahe tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Menurut Christy Brissette, MS, RD, dari 80 Twenty Nutrition, kepada Elite Daily, jahe memiliki efek antibakteri yang kuat, dan mungkin berguna untuk meredakan gejala pilek dan flu.

Dan untuk memilih cara konsumsi jahe yang paling tepat, Shauna McQueen, MS, RD, pengembang kurikulum nutrisi dari Integrative Nutrition, menyarankan untuk memilih jahe dalam bentuk bubuk dibandingkan jahe utuh. Sebab jahe yang berbentuk bubuk lebih terkonsentrasi dibandingkan jahe yang masih utuh.

"Banyak yang mungkin merasa bahwa jahe yang sudah berbentuk bubuk lebih nyaman, tetapi dari sudut pandang kuliner, jahe segar memberi rasa yang lebih baik pada makanan. Namun tetap saja kedua pilihan itu sama-sama bergizi," kata McQueen kepada Elite Daily.
(FIR)

MOST SEARCH