FITNESS & HEALTH

Apakah Mungkin Overdosis Vitamin C?

Kumara Anggita
Senin 02 November 2020 / 14:59
Jakarta: Vitamin C menjadi yang banyak dicari untuk dikonsumsi pada masa pandemi ini. Vitamin ini memperkuat daya tahan tubuh. Namun kamu perlu hati-hati karena mengonsumsi banyak vitamin C bisa memberikan efek yang tak diinginkan.

Menurut National Institutes of Health, rata-rata perempuan dewasa membutuhkan 70mg vitamin C sehari dan pria rata-rata membutuhkan 90mg. Sedangkan untuk ibu hamil dan menyusui, vitamin ini dibuthkan lebih banyak lagi.

Dikutip dari Healthline, penting untuk mendiskusikan kebutuhan nutrisi individu kamu dengan dokter. Jumlah maksimum yang disarankan, atau batas atas, 2.000mg per hari untuk semua orang dewasa.

Terlalu banyak mengonsumsi vitamin C jarang terjadi dan tidak mungkin mengancam jiwa. Namun bisa memberikan kamu efek samping seperti, sakit perut, kram, diare, sakit kepala, mual dan kemungkinan muntah, hingga mengalami masalah tidur.

Selain itu, kamu perlu hati-hati bila mengidap hemochromatosis saat mengonsumsi vitamin C. Kondisi ini menyebabkan tubuhmu menyimpan zat besi dalam jumlah yang berlebihan, yang diperparah dengan mengonsumsi terlalu banyak vitamin C. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan tubuh.

Suplemen vitamin C juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Hal ini terutama berlaku untuk pengobatan penyakit jantung dan kanker. Pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter kamu sebelum mengambil suplemen.
(FIR)

MOST SEARCH