End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Ingat, 7 Berita Soal Diabetes Ini Hanya Mitos, Jangan Percaya!

Mia Vale
Rabu 11 Januari 2023 / 15:00
Jakarta: Informasi mengenai penyakit diabetes tersedia secara luas, baik dari profesional kesehatan maupun internet. Namun sayang, tidak semuanya benar. Dan kadang, sulit untuk mengetahui informasi  mana yang akurat. Pasalnya, ada sejumlah mitos tentang diabetes yang terlalu sering dilaporkan sebagai fakta.

Representasi diabetes yang keliru ini tentu bisa berbahaya dan menyebabkan stigma yang tidak adil seputar kondisi tersebut. Jadi, situs Diabetes.co.uk akan menyoroti beberapa mitos diabetes yang paling umum, seperti: 
 

Penderita diabetes dilarang makan gula

Ini adalah salah satu mitos diabetes yang paling umum, di mana orang dengan kondisi tersebut harus mengonsumsi makanan bebas gula. Faktanya, penderita diabetes perlu makan makanan seimbang, yang dapat mencakup gula dalam jumlah sedang. Jadi, penderita diabetes juga boleh makan gula.
 

Diabetes tipe 2 lebih ringan

Mitos diabetes ini banyak diulang, tapi tentu saja itu tidak benar. Tidak ada bentuk diabetes yang ringan. Jika diabetes tipe 2 tidak dikelola dengan baik, hal itu dapat menyebabkan komplikasi serius bahkan mengancam jiwa. Pengendalian diabetes yang baik dapat menurunkan risiko komplikasi secara signifikan, tetapi bukan berarti kondisinya sendiri tidak serius.
 

Diabetes tipe 2 hanya menyerang orang gemuk

Diabetes tipe 2 sering dikaitkan dengan kelebihan berat badan dan obesitas oleh media. Itu jelas tidak benar, bahwa diabetes tipe 2 hanya menyerang orang yang kelebihan berat badan. Faktanya, berkisar 20 persen penderita diabetes tipe 2 memiliki berat badan normal, atau kurus.


(Diabetes tipe 2 hanya menyerang orang gemuk adalah mitos. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Penderita diabetes menjadi buta dan kehilangan kaki

Diabetes adalah penyebab utama kebutaan dan juga menyebabkan banyak amputasi setiap tahun. Namun faktanya, orang-orang dengan diabetes yang mengontrol tekanan darah, glukosa, berat badan, dan berhenti merokok semuanya meningkatkan peluang mereka untuk tetap bebas dari komplikasi. Tetap lakukan pemeriksaan kesehatan diabetes tahunan.
 

Penderita diabetes tidak boleh berolahraga

Olahragawan dan wanita diabetes terkemuka telah membantah mitos diabetes ini. Penderita diabetes harus ikut berolahraga untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Memang, ada beberapa faktor yang patut dipertimbangkan sebelum ikut serta dalam olahraga, tetapi tidak ada alasan mengapa penderita diabetes tidak dapat berpartisipasi dalam banyak kasus.
 

Penderita diabetes tidak bisa melakukan banyak pekerjaan

Memiliki diabetes tidak akan menghentikanmu dari memiliki pekerjaan. Dengan perbaikan yang telah dilakukan dalam pengobatan diabetes, jumlah pekerjaan yang tidak dapat diterima oleh penderita diabetes sekarang sangat kecil. 
 

Penderita diabetes rentan sakit

Orang dengan diabetes tidak lebih mungkin terkena pilek atau penyakit lainnya. Pentingnya penyakit bagi penderita diabetes adalah dapat mempersulit pengelolaan kadar glukosa darah yang dapat meningkatkan keparahan suatu penyakit atau infeksi.
(yyy)

MOST SEARCH