FITNESS & HEALTH

Mengenal Asal Usul dan Gejala Cacar Monyet, dari Hewan Liar Menular ke Manusia

Rendy Renuki H
Jumat 20 Mei 2022 / 15:44
Jakarta: Penyakit cacar monyet sedang mewabah di sejumlah negara. Seperti di Amerika Serikat hingga Eropa dan Afrika.

Cacar monyet atau monkeypox merupakan virus dengan memiliki beberapa kesamaan gejalan dengan cacar air. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), salah satu indikatornya adalah pembengkakan kelenjar getah bening.

Asal usul cacar monyet

Penyakit cacar monyet diketahui berasal dari hewan liar seperti hewan pengerat dan primata. Melansir Mirror, penyakit ini pertama kali ditemukan pada 1958. Penyakit itu ditemukan dalam koloni monyet di Republik Demokratik Kongo.

Setelah memasuki era modern, cacar monyet mulai ditemukan dan terkonfirmasi kasus pertama pada manusia tahun 1970.

Sempat menghilang, kasus cacar monyet dilaporkan kembali terjadi di Nigeria pada 2017. Sejak saat itu, lebih dari 450 kasus dilaporkan terjadi di negara tersebut.

Cacar monyet pun mulai mewabah di AS pertama kali pada 2003. Sebanyak 47 orang di enam negara bagian dilaporkan menderita sakit usai kontak dengan anjing.

Gejala cacar monyet

Menurut CDC, ada tujuh gejala utama tanda infeksi cacar monyet. Gejala penyakit itu mirip dengan cacar, namun terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Pembengkakan itu bahkan bisa sampai menimbulkan benjolan seperti cacar. Namun, benjolan tersebut berukuran lebih besar dari cacar biasa.

Beberapa gejala yang timbul dari penyakit cacar monyet di antaranya demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, panas dingin, kelelahan, hingga terparah adalah pembengkakan kelenjar getah bening.

"Perbedaan utama antara gejala cacar dan cacar monyet adalah bahwa cacar monyet menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati) sedangkan cacar tidak," papar CDC.

Masa inkubasi (waktu dari infeksi hingga gejala) untuk cacar monyet biasanya 7-14 hari tetapi dapat berkisar dari 5-21 hari. Dalam 1 sampai 3 hari setelah demam dimulai, pasien biasanya mengalami ruam, sering dimulai pada wajah kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. 
(REN)

MOST SEARCH