FITNESS & HEALTH

5 Tips agar Kamu Tetap Tenang saat Rapat Menegangkan

Medcom
Selasa 20 September 2022 / 21:40
Jakarta: Saat rapat, mungkin kamu takut dengan berbagai pertanyaan yang dilemparkan. Kamu tidak tenang dan merasa panik saat mendapati suasana menegangkan di ruang rapat. Terlebih, kamu jarang sekali terlibat konflik.

Pada saat seperti ini, kontrol diri memang sangat dibutuhkan agar pikiranmu tidak memikirkan hal-hal yang mungkin tidak akan terjadi, seperti disalahkan hingga dihukum. Kontrol diri dapat membantumu untuk tetap fokus dan tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Jika kamu salah bertindak karena kamu tidak tenang, akan berdampak kepada dirimu dan mungkin saja pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Tidak ingin hal tersebut terjadi, kan?

Kamu perlu mengetahui bagaimana cara tetap tenang saat kamu dihadapkan rapat menegangkan! Simak cara-cara ini agar bisa kamu terapkan di kemudian hari:
 

1. Menunjukkan rasa empati


Rasa empati memang menjadi hal penting dalam mengontrol diri saat kamu sedang berdebat dengan seseorang. Kamu bisa bersikap empati dengan permasalahan yang sedang dibicarakan.

Menunjukkan rasa empati dapat mencairkan emosi lawan bicara karena merasa dihargai oleh kamu. Jika sudah merasa dihargai, lawan bicara biasanya juga turut menghargaimu.
 

2. Mendengarkan topik pembicaraan


Meskipun bukan giliranmu berbicara, kamu sebaiknya mendengarkan topik-topik pembicaraan yang sedang berlangsung. Karena saat kamu nanti dilempari pertanyaan, kamu tidak kesulitan untuk menjawab.

Jika kamu ingin didengar pendapatnya, kamu juga harus melakukan hal yang sama, yaitu mendengarkan orang lain saat berbicara.
 

3. Berbicara tidak terburu-buru


Saat pertanyaan yang menegangkan diberikan ke kamu, sebaiknya kamu menenangkan diri dengan menarik napas dalam-dalam. Setelah itu, kamu bisa mulai berbicara pelan-pelan agar orang-orang mengerti apa yang disampaikan oleh kamu.

Rasa gugup biasanya menimbulkan cara ngomong menjadi cepat. Jika kamu salah satu yang memiliki efek gugup seperti itu, kamu harus mulai pelan-pelan saat berbicara agar lebih nyaman, ya.
 

4. Hindari ingin merasa menang


Jika dihadapkan dengan perdebatan, kamu akan menemukan orang-orang yang ingin menang dalam perdebatan, melakukan segala cara demi penjelasannya diterima dan dianggap menang.

Kamu tidak perlu melakukan hal itu. Dengan menyampaikan jawaban yang jelas sesuai topik yang ditanyakan, sudah sangat cukup. Kamu tidak harus memenangkan diskusi agar terlihat lebih baik. Dijamin, kamu akan lebih tenang.
 

5. Melihat obrolan ke arah positif


Perdebatan dalam rapat memang umum terjadi. Namun, kamu tidak harus selalu melihat hal tersebut menjadi obrolan yang negatif. Kamu bisa arahkan obrolan tersebut ke arah positif di dalam pikiranmu.

Contohnya ketika kamu mendapatkan kritikan, kamu bisa berpikir bahwa ini menjadi saran untuk kamu bisa lebih berkembang untuk selanjutnya. Dengan berpikir positif, kamu dapat membuat suasana diri kamu dalam mood yang baik.

Aulia Putriningtias
 
(FIR)

MOST SEARCH