FITNESS & HEALTH

6 Camilan Pendukung Kekebalan Tubuh yang Perlu Dicoba Anak

Mia Vale
Jumat 25 November 2022 / 09:00
Jakarta: Musim hujan dan flu siap menyerang. Meskipun tidak ada cara pasti untuk menghindari sakit, memasukkan beberapa nutrisi dalam makanan dapat meningkatkan sistem kekebalan dan membantu peluang untuk tetap bebas dari penyakit. 

Apalagi, jika makanan tersebut dinikmati bersamaan dengan diet sehat dan seimbang secara keseluruhan. Pun, tindakan pencegahan lainnya juga dilakukan, seperti rajin mencuci tangan dan mengutamakan kualitas tidur.

Dalam keluarga, umumnya anak-anaklah yang sangat rentan terserang sakit flu selama musim hujan. Tak hanya tertular dari anggota keluarga lainnya, penularan ini juga bisa didapat dari lingkungan sekolah. 

Nah, untuk mendukung kekebalan dan membantu anak-anak melewati infeksi flu, diperlukan beberapa asupan nutrisi. Dan waktu ngemil bisa dijadikan kesempatan sempurna untuk melakukan itu. Jika kamu sedang mencari camilan pendukung kekebalan yang benar-benar akan dinikmati anak-anak, Eat This, Not That! telah merangkumnya untuk kamu dan disetujui oleh ahli diet.
 

Smoothie hijau 

Smoothie hijau yang terbuat dari bayam, mangga beku, nanas, biji rami, dan air kelapa adalah kombo minuman ramah anak yang mudah dibuat dengan blender. Sarah Anzlovar, MS, RDN, LDN, ahli diet untuk ibu dan pemilik Sarah Gold Nutrition. , LLC mengatakan "Bayam dan mangga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh." 

Anzlovar menambahkan bahwa satu ons biji rami mengandung antara 50 hingga 100 persen kebutuhan seng anak-anak (tergantung usia mereka), mineral penting untuk kesehatan kekebalan yang dapat mempersingkat durasi masuk angin.
 

Yogurt dan buah beri 

Menurut Anzlovar satu cangkir stroberi dapat memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin C harian anak, dan yogurt merupakan sumber probiotik yang baik, yang mendukung kesehatan usus. Sebagian besar sistem kekebalan kita hidup di usus, dan penelitian awal menunjukkan bahwa probiotik dapat mendukung sistem kekebalan yang sehat. 
 

Jus jeruk beku

Selama menggunakan jus jeruk 100 persen dan bukan "minuman" jeruk dengan tambahan gula, menikmati satu porsi minuman ini bisa menjadi suguhan dingin yang menyediakan vitamin C, nutrisi yang dapat mempersingkat durasi dan kerasnya gejala flu. Jus jeruk juga mengandung karotenoid, seperti beta karoten, yang juga membantu mendukung kesehatan kekebalan tubuh. Cukup tuangkan jus jeruk 100 persen ke dalam stoples dan masukkan ke dalam freezer. Saat waktunya ngemil, ambil sendok, lalu nikmati camilan manis alami ini.


(Yougurt dan buah beri. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Sereal dan susu 

Sereal mungkin hanya dianggap sebagai makanan sarapan, namun jika dinikmati dengan susu, bisa menjadi camilan yang sarat dengan nutrisi penunjang kekebalan tubuh seperti protein, vitamin D, dan seng. Tambahkan seporsi buah beri atau irisan pisang ke dalam mangkuk sereal untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi dan tambahan rasa manis alami. 
 

Kiwi berlapis cokelat 

Kiwi merupakan sumber serat, vitamin C, dan senyawa tumbuhan. Kiwi memang bisa dinikmati sendiri, tetapi agar lebih asyik dimakan, cobalah mengirisnya dan mencelupkannya ke dalam cokelat hitam. Jangan ragu untuk menambahkan beberapa taburan berwarna alami di atasnya untuk kesenangan yang lebih ramah anak. 
 

Apel kayu manis panggang 

Apel adalah favorit anak-anak tidak peduli bagaimana mereka dinikmati. Dan selama kulitnya dikonsumsi, anak-anak akan mendapat dorongan dari senyawa tumbuhan yang disebut quercetin, yang dapat membantu mendukung kesehatan kekebalan tubuh. Menaburkan kayu manis pada beberapa irisan apel dan memanggangnya sampai lunak adalah cara yang nyaman untuk memasukkan senyawa ini ke dalam makanan anak dengan sedikit usaha. 

(yyy)

MOST SEARCH