FITNESS & HEALTH

Beberapa Tanda Bahwa Kerjaan Kamu Sekarang 'Beracun'

Kumara Anggita
Sabtu 31 Oktober 2020 / 16:05
Jakarta: Situasi toxic atau beracun bisa muncul pada banyak hal, salah satunya kerjaan. Hal ini bisa terjadi karena kerjaanya penuh tekanan, lingkungannya menjatuhkan, atau atasan kejam.

Penting untuk mengetahui bahwa kerjaan yang kamu punya sekarang ini beracun atau tidak. Ini karena situasi beracun bisa memengaruhi kesehatan mental bahkan fisik Anda. 

Untuk mengetahuinya, simak penjelasan dari Psikolg Klinis Seth J. Gillihan PhD yang dilansir dari WebMD.


Kamu sulit merasakan emosi positif di tempat kerja


Kamu mengalami banyak kegembiraan dan kemudahan dari pekerjaan akan tetapi perasaan itu tidak dapat ditemukan begitu kamu memasuki tempat kerja. Sebaliknya kamu selalu gelisah, tidak nyaman atau hanya lelah secara emosional. Mungkin teman kamu meminta kamu untuk "bersorak," tetapi kamu hanya bisa senyum pahit.
 

Kamu berfantasi tentang pensiun


Kamu berfantasi tentang pensiun yang mungkin baru terjadi beberapa dekade lagi. Kamu bahkan mungkin mulai merencanakan pensiun kamu atau memikirkan cara untuk menjadi kaya sehingga kamu tidak lagi harus bekerja.
 

Kamu sering sakit secara fisik


Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa stres kronis bisa berefek pada sistem kekebalan tubuh. Jika kamu diracuni oleh lingkungan kerja, kamu akan merasakan efeknya tidak hanya pada pikiran dan jiwa kamu, tetapi di tubuh kamu. Kamu sepertinya menangkap setiap virus yang berkeliaran dan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dari biasanya.
 

Kamu butuh banyak waktu pribadi


Bahkan ketika kamu tidak sakit secara fisik, kamu mungkin memilih untuk mengatakan kerja dari rumah sesering mungkin. Beberapa hari kamu bangun dan memiliki gagasan untuk bolos karena kamu merasa mustahil.

Mungkin kamu sampai berpakaian dan sarapan namun kemudian pikiran mengemudi ke tempat kerja membuat kamu mual. “Aku hanya akan bekerja dari rumah lagi,” kata kamu pada diri sendiri.
(YDH)

MOST SEARCH