FITNESS & HEALTH

Vaksin Covid-19 Sudah Sampai Tahap Mana?

Kumara Anggita
Senin 19 Oktober 2020 / 15:40
Jakarta: Kabar datangnya vaksin covid-19 membuat kita penasaran. Hari ini Dirjen P2P, dr. Achmad Yurianto menjelaskan sudah sampai pada tahap mana vaksin tersebut.

Yurianto menjelaskan bahwa ada banyak vaksin yang sedang diproses. Namun tak semuanya memiliki tahap yang sama.

“Ada yang sudah masuk di dalam uji klinis fase 1. Ada juga yang sudah di uji klinik fase 2 dan ada juga yang sudah selesai uji klinis fase 3,” ujar Yuri dalam Press Conference Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Dari semua tahapan itu maka yang terdepan adalah yang sudah menyelesaikan uji klinis fase 3. Di mana manfaatnya jelas ada, kemudian keamanannya jelas terjamin,” jelasnya.

Yuri menjelaskan bahwa saat ini Kementerian Kesehatan bersama dengan seluruh pihak terkait. Termasuk diantaranya Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Idonesia, BPOM, Kementerian Agama, Bio Farma bertemu dengan beberapa produsen vaksin yang sudah menyelesaikan Uji klinis fase 3.

“Kami ingin mencari vaksin yang bisa digunakan secara aman untuk penduduk kita. Aman dalam dua perspektif yaitu satu perspektif manfaat terhadap pencegahan untuk menjadi sakit, yang kedua adalah perspektif aman dalam sisi kehalalan,” ujarnya.

Berikut tiga vaksin yang telah memasuki uji klinis fase 3:
 

1. Vaksin sinovac


Yurianto menjelaskan bahwa ada beberapa kandidat antara lain vaksin sinovac. Sinovac ini perusahaan vaksin di Tiongkok yang sudah menyelesaikan uji klinik fase 3 di beberapa tempat di Indonesia. Baru akan selesai pada akhir bulan Desember ini.

Menurutnya vaksin ini sudah digunakan oleh pemerintah Tiongkok. Uji klinis penggunaannya juga telah lewat dari otoritas kesehatan semacam BPOM di Indonesia yang ada di Tiongkok.
 

2. Vaksin Sinopharm


“Di Tiongkok sinopharm digunakan untuk tenaga kesehatan yang ada di sana dan sudah keluar izin dari lembaga yang sama yang kita sebut sebagai Emergency Use Authorization dari autolisis,” ujar Yurianto.
 

3. Vaksin cansino


Kemudian yang berikutnya ada vaksin cansino. Menurutnya vaksin ini sudah selesai uji klinis yang dilaksanakan di Tiongkok, Kanada, dan Arab Saudi. Tak hanya itu dari pemerintah Tiongkok dan vaskin ini sudah digunakan untuk tentara di sana.

Menurutnya untuk ketersediaan vaksin hingga saat ini masih tergantung pada Emergency Use Authorization yang bisa dikeluarkan oleh BPOM, dan rekomendasi kehalalan dari Kementerian Agama, serta Majelis Ulama Indonesia.

“Sekarang sedang kita proses semuanya ini akan selesai kira-kira di akhir November akhir bulan Oktober ini setidak-tidaknya minggu pertama kita harapkan kita sudah mendapatkan kepastian tentang keamananannya,” terang Yurianto.

“Aman dalam aspek manfaat dan akibat yang dikeluarkan oleh BPOM dan aman dalam aspek kehalalan yang dikeluarkan oleh bank dan agama dan Majelis Ulama Indonesia,” pungkasnya.
(FIR)

MOST SEARCH