FITNESS & HEALTH

5 Tanda Kamu Butuh Cuti untuk Jaga Kesehatan Mental

Raka Lestari
Kamis 09 September 2021 / 15:00
Jakarta: Banyak orang yang tidak menyadari bahwa bekerja secara berlebihan, bisa mengganggu kesehatan mental. Dan jika kesehatan mental terganggu, maka kesejahteraan tubuh secara keseluruhan juka akan terganggu.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan hak cuti yang diberikan oleh perusahaan. Dan berikut ini adalah tanda-tanda yang bisa menunjukkan bahwa kamu butuh segera cuti agar kesehatan mental tetap terjaga:
 

1. Mengalami masalah tidur


"Gangguan tidur adalah gejala fisik klasik yang menunjukkan kesehatan mental seseorang mungkin memburuk," kata Dr Antonis Kousoulis, asisten direktur Mental Health Foundation. Mengalami sulit tertidur di malam hari atau bangun di dini hari bisa menjadi pertanda depresi, meskipun kondisi dimana tidak merasa perlu tidur sama sekali bisa mengindikasikan awalan hypomania bipolar.
 

2. Makan terlalu sedikit atau terlalu banyak


"Masalah kesehatan mental sering berdampak pada nafsu makan dan penting untuk diketahui seberapa dampaknya," ujar Dr Kousoulis. Beberapa orang yang mengalami depresi akan kehilangan nafsu makan sama sekali, sedangkan ada juga yang beralih dengan cara makan berlebihan dan mulai menambah berat badan.


cuti
(Salah satu tanda kamu butuh break time berupa cuti adalah kamu kehilangan minat atau antusiasme untuk hal-hal yang biasanya kamu sukai. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

3. Kehilangan rasa tertarik pada aktivitas sehari-hari


Jika kamu kehilangan minat atau antusiasme untuk hal-hal yang biasanya kamu sukai, ini bisa jadi sebagai tanda peringatan yang mungkin sebaiknya perlu diperhatikan. 

"Sering kali, gejala seperti itu hanya berlangsung beberapa hari, tapi penting untuk memerhatikan berapa lama berlangsungnya dan segera bertindak jika terjadi terus-menerus," saran Dr Kousoulis.
 

4. Mudah tersinggung dan sulit berkonsentrasi


"Tanda-tanda lainnya berhubungan dengan mudah tersinggung dan sulit berkonsentrasi bisa menjadi tanda awal masalah kecemasan atau masalah kesehatan mental lainnya," ujar Dr Kousoulis. Mudah tersinggung juga bisa menjadi tanda bahwa adanya gangguan mood yang sedang kamu alami. Untuk itu, beristirahat sejenak bisa menjadi pilihan tepat.
 

5. Menarik diri dari dunia sosial


"Menghabiskan waktu dengan orang yang bisa mendukung dan mendengarkan dengan seksama itu penting," ujar Dr Kousoulis. Jika kamu mulai menarik diri dari kehidupan sosial sekitarmuue, bisa jadi itu merupakan pertanda dari kesehatan mental yang semakin memburuk.


Hi Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/OVO @Rp50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkedan. Salam hangat. 

(TIN)

MOST SEARCH