FITNESS & HEALTH

3 Berita Terpopuler Gaya: Izin Lab yang Tak Masukan Hasil Tes Covid-19 akan Dicabut Hingga Tips Hilangkan Noda Santan

Yatin Suleha
Selasa 12 Juli 2022 / 06:05
Jakarta: Mungkin kamu atau teman kamu pernah melalukan tes covid-19 dan hasilnya tak kunjung tertera di aplikasi PeduliLindungi. Ini tentu saja membuat resah. Apalagi jika kamu harus melakukan perjalanan udara yang menuntut ketepatan waktu untuk semua proses dan data tersebut tak muncul. Bisa jadi penerbangan kamu terganggu ya.

Dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin hari ini, Senin, 11 Juli 2022 menginstruksikan semua laboratorium (Lab) pemeriksaan tes covid-19 untuk memasukan hasil tes PCR ke dalam sistem New All Record (NAR) Kemenkes. Bagi Lab yang tidak patuh, izin operasionalnya akan dibekukan atau bahkan dicabut.

Kementerian Kesehatan akan segera mengirimkan surat instruksi kepada semua Lab pemeriksaan PCR yang mendapatkan izin dari Kemenkes untuk memasukan data pemeriksaannya ke dalam NAR. Berikut ini, Medcom.id/gaya merangkum berita menarik yang terjadi sepanjang Senin, 11 Juli 2022:
 

1. Lab Tak Masukan Hasil Covid-19, Siap-siap Izinnya Dibekukan atau Dicabut


Ada sanksi tegas yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan tentang lab yang hasil tes covid-nya tak masuk ke dalam data pemeriksaan NAR maka izinnya akan dibekukan sampai dicabut. Hal ini dikatakan oleh Menkes Budi Gunadi kemarin, Senin, 11 Juli 2022.

“Kalau sampai kita menemukan mereka tidak memasukan hasil tes PCR, kami akan bekukan izinnya. Dan kalau tetap tidak patuh, izin operasionalnya akan kita cabut. Lab wajib memasukkan data semua orang yang dites PCR,” ujar Menkes Budi pada Senin kemarin.

Instruksi ini muncul menyusul adanya laporan banyak masyarakat yang melakukan tes PCR tapi tidak mau hasilnya tercantum di aplikasi PeduliLindungi. Mereka meminta Lab pemeriksaan untuk tidak melaporkan hasilnya ke dalam sistem NAR Kemenkes sehingga hasilnya tidak muncul di PeduliLindungi.



Selengkapnya klik di sini
 

2. 6 Alasan Menambahkan Serum Vitamin C ke Rutinitas Perawatan Kulit


Vitamin C disebut-sebut sebagai salah satu bahan antipenuaan terbaik di pasaran dan kunci untuk mempertahankan kulit yang halus, rata, dan bercahaya. Namun, meskipun bisa mendapat vitamin C dalam diet, tidak ada cara untuk menjamin itu akan langsung ke kulit kamu. 

Sebagai alternatifnya, menggunakan serum dan produk topikal lainnya adalah cara paling langsung untuk menuai manfaat ini. Vitamin C dapat membantu menyembuhkan noda, mengurangi hiperpigmentasi, dan membuat kulit bersinar. 

Dan seperti dinukil dari Healthline, konsistensi adalah kunci untuk efek maksimal. Beberapa orang menerapkan serum vitamin C pada pagi hari untuk memanfaatkan sifat pelindung UV-nya. 



Selengkapnya klik di sini
 

3. 3 Cara Mudah Menghilangkan Noda Bekas Santan pada Pakaian


Ketupat, opor ayam, rendang, dan sayur pepaya merupakan menu yang wajib ada di meja makan saat Lebaran. Sederet makanan tersebut memiliki kesamaan yaitu menggunakan bahan dasar santan. 

Saat menyantapnya, sering kali kamu tidak menyadari percikan kuah yang membekas di baju atau hijabmu. Apalagi, saat Lebaran kebanyakan orang mengenakan pakaian serba putih. Sudah pasti panik melihat noda santan membekas dipakaianmu ya! 

Namun, kamu enggak perlu khawatir ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda tersebut. Begini caranya.



Selengkapnya klik di sini
(TIN)

MOST SEARCH