FITNESS & HEALTH

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Pisang dengan Bintik Hitam

Yuni Yuli Yanti
Minggu 23 Januari 2022 / 13:00
Jakarta: Banyak orang menganggap pisang dengan bintik hitam di kulitnya tidak boleh dikonsumsi karena sudah 'kematangan' dan memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Bahkan, karena teksturnya yang lembek, pisang tersebut dianggap busuk sehingga dibuang. Padahal, itu tidak benar lho!

Beberapa penelitian menunjukkan pisang dengan bintik hitam justru memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Mulai dari melawan sel-sel tumor hingga meredakan sembelit, berikut ulasannya!

 

1. Mengandung TNF untuk melawan sel-sel tumor

Bintik-bintik hitam pada kulit pisang bukanlah tanda buah busuk melainkan tanda buah pisang sudah matang. Semakin banyak bintik hitam-cokelat pada pisang, semakin baik untuk dikonsumsi. Dt. Upasana Sharma, Kepala Ahli Diet, Rumah Sakit Max, Gurugram, mengatakan flek hitam pada pisang mewakili TNF (Tumor Necrosis Factor). TNF adalah zat pelawan kanker yang membantu melawan sel-sel abnormal dalam tubuh, karenanya semakin banyak bintik hitam, semakin banyak TNF dalam pisang. 

 

2. Kandungan antioksidan yang lebih tinggi

Ketika matang sepenuhnya, pisang termasuk buah dengan antioksidan yang tinggi. Ini juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus dan sel kanker. 

“Semakin banyak bintik hitam pada kulit pisang, berarti semakin matang. Ini mungkin terlihat terlalu jelek untuk dikonsumsi, tetapi itu pasti bergizi untuk tubuh. Saat sifat antioksidan meningkat pada pisang matang, sehingga kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan juga meningkat," tutur Sharma dikutip dari HealthShots. 


(Bintik-bintik hitam pada kulit pisang bukanlah tanda buah busuk melainkan tanda buah pisang sudah matang. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Melawan penyakit kronis

Saat pisang semakin matang, kandungan magnesiumnya juga semakin tinggi. Magnesium tinggi sangat baik untuk orang yang menderita hipertensi, sehingga dapat langsung menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, pisang matang juga baik untuk jantung, depresi, membantu pencernaan, dan pergerakan usus yang sehat.


(Penelitian menunjukkan pisang dengan bintik hitam justru memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

 

4. Antasida alami

Pisang adalah antiasam alami untuk membantu meredakan mulas secara instan. Jika kamu merasa sedikit mulas, konsumsi satu buah pisang akan meredakannya dalam beberapa menit. 

 

5. Meredakan sembelit

Makan pisang matang dapat mengurangi gejala dan mempercepat waktu pemulihan dari diare karena berbagai penyebab. Karena pisang tinggi serat, pisang juga meredakan sembelit. Mereka dapat merangsang pergerakan usus yang lebih baik. 
(yyy)

MOST SEARCH