FITNESS & HEALTH

4 Cara Tepat Mencuci Berbagai Jenis Bra

Raka Lestari
Selasa 13 Oktober 2020 / 15:57
Jakarta: Secara umum, mencuci bra tidak memerlukan perlakuan khusus. Namun sebenarnya setiap bra memiliki cara pencucian yang berbeda-beda, tergantung jenis dan bahan material pada bra. Terntunya kamu harus memberikan perhatian lebih terhadap bra yang dimiliki.

"Kebanyakan bra, nyaris 99 persen terbuat dari bahan spandek. Dan bahan spandek ini adalah bahan yang cukup rapuh," ujar Ra'el Cohen, Chief Creative Officer dari ThirdLove, sebuah perusahaan pakaian dalam dari Amerika Serikat.  

Untuk itu berikut tips dari Cohen dalam mencuci bra favoritmu:

1. Cara mencuci underwire bra


Cohen merekomendasikan untuk mencuci semua bra jenis ini dengan menggunakan tangan. Tetapi jika mencuci dengan mesin adalah satu-satunya pilihan yang bisa kamu lakukan, maka sebaiknya masukkan bra jenis ini ke dalam kantung khusus untuk laundry yang berukuran kecil.

Hal ini dapat melindungi kawat yang ada pada bra tidak berubah bentuk atau tersangkut di sekitar atau dalam mesin cuci. Selain itu kamu juga perlu memerhatikannya agar bra tidak menyangkut dengan pakaian lainnya.

2. Cara mencuci non-wire bra


Jika bra yang kamu miliki tidak berkawat dan memiliki busa, jangan pernah mencucinya di mesin cuci. Cucilah bra jenis ini dengan tangan karena busa pada bra bisa menjadi agak miring atau berubah bentuknya seiring berjalan waktu.

"Jadi, jika kamu ingin cup pada bra bisa lebih awet, sebaiknya usahakan untuk mencucinya dengan tangan," saran Cohen.

Saat mencuci dengan tangan, isilah bak atau ember kecil dengan air hangat dan sedikit deterjen. Lalu rendam selama satu jam. Gosok bra dengan tangan secara perlahan dan setelah selesai letakkan di atas handuk hingga kering.
 

3. Cara mencuci sports bra


Jenis sports bra biasanya memiliki konsentrasi bahan spandex yang sangat tinggi. Kamu bisa mencucinya dalam mesin cuci, namun sebelum memasukkan dalam mesin cuci sebaiknya lepaskan busa pada bra.

"Busa biasanya mengandung banyak keringat. Jadi sebaiknya adalah dengan mencucinya secara terpisah. Pada umumnya bra jenis ini tidak memiliki kawat penyangga," jelas Cohen.

Namun jika sports bra kamu memiliki kawat penyangga, usahakan untuk dimasukkan ke dalam laundry bag. Hal itu berguna untuk mencegah bra tersangkut dengan pakaian lain.

4. Cara mencuci strapless bra


Mungkin bra jenis ini tidak digunakan setiap hari, namun Cohen menjelaskan, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk mencuci bra jenis ini dengan tangan. Cohen juga mengatakan bahwa strapless bra biasanya memiliki silikon elastis pada pinggiran bra, yang jika mencucinya dengan mesin maka akan menghancurkan silikonnya tersebut.
(FIR)

MOST SEARCH