FITNESS & HEALTH

Studi: Suplemen Terbaik untuk Tingkatkan Motivasi

Mia Vale
Selasa 22 November 2022 / 13:05
Jakarta: Jika kamu kurang memiliki keberanian yang untuk menjadi produktif di tempat kerja, menikmati hobi favorit, atau memaksimalkan olahraga harian, mungkin perlu lebih memerhatikan untuk perawatan diri. Walaupun kamu mengklaim cukup tidur, mengonsumsi makanan yang tepat juga harus dipastikan. 

Hal ini mengingat hasil terbaru dari studi terbaru tentang cara untuk meningkatkan motivasi dan kinerja, di mana kamu bisa mempertimbangkan untuk mencoba suplemen n-acetyl-cysteine ??(NAC).

Studi yang dipublikasikan di eLife Sciences ini melibatkan tim di Sekolah Ilmu Hayati Ecole Polytechnique Federale de Lausanne dan Institut Ilmu Kesehatan Nestle.

Bersama-sama, mereka pertama kali menentukan bahwa peserta dalam penelitian yang memiliki kadar protein lebih tinggi yang dikenal sebagai glutathione (GSH) lebih baik dalam tes yang mengevaluasi kinerja dan usaha mereka. Bahkan, saat tim memberikan suplemen n-acetyl-cysteine ??(NAC) pada tikus, mereka bekerja lebih baik saat diuji.

"N-acetyl-cysteine, suplemen nutrisi yang kami berikan dalam penelitian kami juga dapat disintesis dalam tubuh dari sistein prekursornya," ujar Profesor Carmen Sandi dari Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne menjelaskan, menurut ScienceDaily. 


(Ahli diet, Gervacio merekomendasikan makanan untuk memotivasi diri antara lai daging, ikan, dan ayam. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)


Sistein terkandung dalam makanan berprotein tinggi, seperti daging, ayam, ikan, atau makanan laut. Sumber lain dengan kandungan lebih rendah adalah telur, makanan gandum seperti roti dan sereal, dan beberapa sayuran seperti brokoli, bawang, dan kacang-kacangan.

"Studi ini tidak hanya memberi kita skenario tentang seberapa banyak otak kita bekerja keras 24/7, tetapi juga bagaimana stres dipengaruhi oleh kerusakan oksidatif, dan bagaimana GSH berpotensi membantu dalam pola pikir, terutama dalam motivasi," jelas Catherine Gervacio, RD, ahli diet terdaftar, kepada Eat This, Not That!

Namun, mengenai apakah harus mengonsumsi suplemen NAC atau tidak, "Ini tidak perlu." "Tapi tidak ada salahnya mencoba," lanjut Gervacio.

Sebagai ahli diet, Gervacio akan sangat merekomendasikan, untuk mencari NAC dari makanan. "Kamu bisa mendapatkannya dari makanan kaya protein seperti daging, ikan, dan ayam. Itu juga bisa ditemukan secara alami pada ekstrak bawang merah dan bawang putih," imbuhnya.

Di luar itu, Gervacio menunjukkan bahwa penelitian lebih lanjut belum memberikan bukti GSH dan bagaimana pengaruhnya terhadap otak dan motivasi. 

"Saat kita menunggu penelitian lebih lanjut, mari kita semua mencoba dan makan makro kita dan menjalani gaya hidup sehat," saran Gervacio. Pasalnya, motivasi tidak hanya bergantung pada nutrisi, tetapi pada bagaimana seseorang mengelilingi dirinya dengan orang yang tepat untuk membimbing melalui kesehatan, kebugaran, mental, dan psikologis juga.
(TIN)

MOST SEARCH