End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Manfaat Daun Pegagan dan Cara Mengolahnya

MetroTV
Jumat 13 Januari 2023 / 11:53
Jakarta: Dikutip dari Healthline, daun pegagan adalah bahan pokok dalam pengobatan tradisional Tiongkok, Indonesia, dan Ayurveda.

Ahli dan para peniliti setuju bahwa tanaman obat memiliki khasiat untuk meningkatkan kekuatan otak, menyembuhkan masalah kulit, dan meningkatkan kesehatan hati serta ginjal.

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daun pegagan. Mengutip dari Medical News Today, berikut adalah daftarnya.

1. Mengobati Varises

Mengutip Alodokter, varises adalah pelebaran atau pembengkakan pembuluh darah vena akibat penumpukan darah di dalam pembuluh tersebut. Kondisi ini menyebabkan pembuluh vena berwarna keunguan atau biru gelap, dan tampak menonjol. Gangguan itu ternyata disembuhkan dengan daun pegagan.
 
Baca: 5 Manfaat Air Rebusan Daun Jeruk Nipis, Sebagai Antibiotik hingga Melepas Stres

Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, beberapa penelitian mengklaim bahwa pegagan dapat membantu mengobati varises dan insufisiensi vena. Ada juga sebuah studi pada 2001 silam yang menemukan bahwa peserta yang menerima 60 miligram pegagan fraksi triterpen dua kali sehari selama 8 minggu mengalami peningkatan kesehatan pembuluh darah mereka.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif 

Mengutip KlikDokter, fungsi kognitif adalah sebuah proses mental dalam menyeleksi, menyimpan, memproses, dan mengembangkan informasi yang diterima dari stimulasi luar. Daun pegagan ternyata memiliki khasiat untuk meningkatkannya.

Menurut salah satu ulasan studi, pegagan dapat membantu mendukung fungsi otak dan sistem saraf, meningkatkan daya ingat, dan melindungi dari penuaan.

3. Mengurangi Kecemasan

Menurut Rumah Sakit Winchester, sebuah studi tua yang meneliti 40 peserta menemukan bahwa pegagan membantu meningkatkan respon kaget. Ini relevan karena seperti yang dijelaskan oleh pihak rumah sakit, bahwa nudah terkejut dikaitkan dengan kecemasan. Namun diperlukan penelitian lebih besar untuk membuktikan hal tersebut. 

Mengutip dari fkkmk.ugm.ac.id, cara pengolahan daun pegagan cukup sederhana. Setelah melalui proses pengeringan, misal dijemur atau dioven, lalu 1-2 sendok teh daun pegagan kering diseduh dengan air panas selama 10-15 menit. 

Daun pegagan bisa dikonsumsi daun pegagan bisa dilakukan sebanyak 3 kali sehari dan diperuntukkan bagi usia lebih dari 18 tahun.

Di balik manfaat yang sangat berkhasiat terus, ada efek samping yang bisa saja terjadi. Ekstrak pegagan mungkin aman bagi kebanyakan orang saat diminum hingga 12 bulan. Namun bisa saja menyebabkan mual dan sakit perut.

Untuk yang dioleskan di kulit, pegagan mungkin aman bila digunakan hingga 10 minggu. Namun bisa menyebabkan gatal dan kemerahan.

(Rafi Alvirtyantoro)
(WAN)

MOST SEARCH