FITNESS & HEALTH

8 Khasiat Kunyit Hitam, Meredakan Nyeri Sampai Mengurangi Risiko Kanker

Cindy
Rabu 05 Januari 2022 / 06:00
Jakarta: Kunyit hitam memang tidak sepopuler kunyit kuning atau putih. Tapi kunyit berwarna gelam dan beraroma lebih menyengat itu memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Kunyit hitam memiliki permukaan kulit berwarna cokelat dengan daging berwarna ungu kehitaman. Tanaman jenis ini sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional di beberapa negara, termasuk Asia Tenggara. 

Berikut 8 manfaat kunyit hitam bagi kesehatan dikutip dari berbagai sumber:

1. Meredakan nyeri

Ekstrak kunyit hitam dipercaya dapat bertindak sebagai pereda nyeri. Bila diolah dengan tepat, kunyit hitam bermanfaat meredakan nyeri akibat sakit gigi dan keseleo, serta bisa menurunkan demam. 

2. Meredakan mual

Manfaat kunyit hitam lainnya yakni dapat membantu meredakan mual dan muntah. Manfaat tersebut didapat dari ekstrak etanol dalam kunyit hitam. Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan terhadap hewan, kunyit hitam terbukti memiliki sifat antiemetik. 

Baca: 7 Manfaat Cuka Sari Apel, Bantu Turunkan Berat Badan Sampai Pemutih Gigi

3. Mencegah peradangan di tubuh

Peradangan atau inflamasi bisa terjadi di berbagai organ tubuh, termasuk tenggorokan, gusi, hingga sendi. Saat kadar inflamasi di tubuh tinggi, maka risiko terkena berbagai penyakit pun akan meningkat.

Kadar inflamasi meningkat biasanya karena seseorang sering mengonsumsi makanan tidak sehat. Kunyit hitam dinilai memiliki sifat antiinflamasi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, rempah ini baik dikonsumsi selama masih dalam batas wajar.

4. Menurunkan risiko infeksi

Sama halnya dengan kunyit kuning dan putih, kunyit hitam juga bersifat antibakteri dan antijamur. Hal ini membuat kunyit hitam bisa dimanfaatkan untuk menghambat pertumbuhan bakteri, seperti Staphylococcus aureus, dan jamur Candida albicans. Kedua bakteri itu diketahui bisa menyebabkan infeksi pada tubuh.

5. Meredakan gejala depresi

Kunyit hitam juga bermanfaat untuk kesehatan mental, terutama meredakan gejala depresi. Khasiat ini didapat dari ekstrak metanol di dalam kunyit hitam. Pasalnya, kunyit hitam mengandung flavonoid, saponin, dan asam tanin sebagai pelindung otak dari kerusakan sistem saraf pusat yang mengganggu respons antidepresi.

Baca: 8 Manfaat Cabai Rawit, Bisa Turunkan Risiko Kanker hingga Berat Badan

6. Menangkal radikal bebas

Kunyit hitam diketahui mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan merupakan senyawa penting yang dibutuhkan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas, seperti asap rokok, polusi, dan asap kendaraan. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, Anda dapat lebih terlindungi dari penyakit jantung dan liver.

7. Mengatasi penyakit lambung

Kunyit hitam juga bermanfaat dapat mengatasi penyakit asam lambung dan juga sakit perut. Kunyit mengandung ibuprofen yang dipercaya dapat mengurangi rasa sakit karena gangguan lambung.

Sifat anti inflamasi juga bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat gangguan lambung. Caranya dengan mencampurkan ramuan kunyit hitam dengan madu atau gula merah.

8.  Mengurangi risiko kanker

Kanker dapat terjadi ketika sel-sel di tubuh mengalami pertumbuhan abnormal atau mutasi genetik pada sel. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kunyit hitam memiliki senyawa antimutagenik yang bisa mencegah terjadinya kanker.

Baca: Pemerintah Lakukan Antisipasi Hadapi Lonjakan Kasus Omicron
(CIN)

MOST SEARCH