FITNESS & HEALTH

5 Rutinitas Pagi yang Bisa Dilakukan agar Lebih Bersemangat

Raka Lestari
Sabtu 03 Oktober 2020 / 06:04
Jakarta: Kebiasaan yang dilakukan pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas sehari-hari dapat memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap aktivitas yang Kamu lakukan selama satu hari penuh. Untuk itu, penting melakukan rutinitas pagi hari yang tepat.

Seperti dilansir Vogue, berikut ini adalah beberapa rutinitas pagi hari yang bisa Kamu lakukan:

Melatih rasa syukur

“Ketika Kamu bangun tidur, cobalah untuk melakukan meditasi atau menuliskan apa saja yang Kamu syukuri pada pagi hari. Dengan melakukannya, dapat membuat Anda berpikir menjadi lebih jernih dan optimis untuk menjalani hari,” ujar Christine Coleman, Ph.D, seorang terapis pernikahan dan keluarga. Ia menyarankan untuk menyadari setidaknya tiga hal yang Kamu syukuri setiap harinya.

Merenung

Ebony Medas, seorang konselor kesehatan mental, menyarankan untuk merenungi apa yang telah Kamu dan lakukan dan permasalahan-permasalahan yang mungkin dialami dengan melakukan teknik “5 Why” yang dapat membantu Kamu mengeksplor masalah atau perasaan dengan menanyakan pertanyaan “mengapa?” pada diri sendiri sebanyak lima kali.

Merenung. (Foto: ilustrasi/Pexels)

Berpakaian Rapi

“Gejala dari depresi atau mood yang tidak baik diantaranya adalah kehilangan motivasi untuk membersihkan diri atau mengganti pakaian tidur, dengan pakaian yang lebih rapi,” kata Coleman.

Ia menambahkan, meskipun penampilan bukanlah segalanya, tetapi dengan melihat tubuh kita lebih segar dan berpakaian rapi bisa meningkatkan mood secara instan,” katanya.
 


Pilih makanan yang menyenangkan dan menyehatkan

“Kita semua tahu bahwa sarapan merupakan makanan yang terpenting dalam satu hari, dan saya setuju,” kata Coleman.

“Konsumsilah makanan yang tinggi nutrisi yang Kamu sukai. Dengan begitu, tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan fisik tetapi juga meningkatkan mood Kamu menjadi lebih baik,” katanya.

Menciptakan afirmasi positif

“Akan sangat mudah bagi Kamu untuk memiliki pikiran negatif, terutama ketika situasi di sekitar Anda sudah penuh dengan hal-hal negaitf,” kata Coleman.

“Meskipun demikian, cobalah dengan pelan-pelan, mendorong diri sendiri untuk mengucapkan kata-kata positif yang bisa membuat Kamu lebih semangat di pagi hari. Kamu bisa mengatakannya langsung kepada diri sendiri atau menuliskannya,” kata Coleman.
(YDH)

MOST SEARCH