FITNESS & HEALTH

5 Kebiasaan Makan untuk Mencegah Lonjakan Gula Darah Tinggi

Raka Lestari
Selasa 22 Februari 2022 / 16:54
Jakarta: Dalam menjaga kadar gula darah dalam tubuh, ada banyak faktor yang perlu diperhatikan. Mayo Clinic merekomendasikan diet yang terdiri dari makanan laut, buah-buahan, dan sayuran yang dikemas dengan serat, serta lemak baik sambil membatasi banyak karbohidrat olahan untuk gula darah yang sehat.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah kebiasaan makan yang bisa dilakukan untuk menghindari lonjakan gula darah:
 

1. Memulai makan dengan sayur


"Salah satu cara terbaik untuk meminimalkan lonjakan gula darah adalah memulai setiap makan dengan sayuran idealnya sayuran berdaun hijau, mentimun, zucchini, atau sayuran non-tepung lainnya," kata Samantha Presicci, MCN, RD, LD, CPT di FOND Bone Broth.

Setelah itu, barulah melanjutkannya dengan mengonsumsi protein, lemak sehat, dan kemudian karbohidrat (nasi, kentang, dll) dan juga serat.
 

2. Memadukan karbohidrat dengan lemak


"Jika ingin makan camilan, selalu pasangkan karbohidrat dengan lemak atau protein. Misalnya, jika ingin makan apel atau beri, padukan dengan segenggam kacang, selai kacang, keju penuh lemak, yogurt penuh lemak, atau sumber lemak atau protein sehat lainnya," saran Presicci.

Dengan begitu, kamu akan mengalami lebih sedikit lonjakan gula darah karena lemak (dan protein, pada tingkat yang lebih rendah) dicerna lebih lambat daripada karbohidrat dan jarang menyebabkan gula darah meningkat.
 

3. Lebih banyak mengonsumsi kaldu


"Selain sayuran, saya juga suka merekomendasikan minuman penyeimbang gula darah seperti kaldu tulang. Kaldu tulang memiliki asam amino spesifik, seperti glisin dan glutamin, yang membantu menyeimbangkan gula darah dan menyehatkan saluran pencernaan," kata Presicci.

"Karena kaya akan protein, ini bisa menjadi pasangan penyeimbang gula darah yang bagus untuk makan atau camilan," sambungnya.
 

4. Mengonsumsi diet seimbang


“Mengonsumsi makanan atau camilan dengan gizi seimbang merupakan cara yang terbaik untuk mencegah lonjakan gula darah,” kata Caitlin Carr, MS, RD. 

Karbohidrat olahan bisa menyebabkan kenaikan gula darah, namun tidak perlu menghindarinya sama sekali. Mengonsumsi karbohidrat dengan lemak, protein, dan serat dapat memperlambat penyerapat karbohidrat dari makanan.
 

5. Mengonsumsi lebih banyak serat


Menambahkan serat tambahan dalam makanan sehari-hari bisa menyebabkan kadar gula darah tubuh menjadi lebih stabil. Serat, terutama serat larut dapat membantu mengatur gula darah dengan membentuk zat seperti gel yang menunda laju pencernaan dan penyerapan karbohidrat.

"Dua sumber serat yang bagus adalah gandum dan kacang-kacangan," kata Lauren Harris-Pincus, MS, RDN.
(FIR)

MOST SEARCH