FITNESS & HEALTH

Sudah Divaksin kemudian Bersin-bersin, Bisa Jadi Kamu Terinfeksi Covid-19

Kumara Anggita
Jumat 25 Juni 2021 / 13:15
Jakarta: Bersin biasanya gejala yang identik dengan penyakit flu biasa atau alergi. Kendati demikian, penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan bersin juga bisa menjadi gejala covid-19 pada orang yang telah divaksin.

Dikutip dari Entrepreneur, penelitian yang dilakukan oleh perusahaan ZOE dan King's College London menjelaskan bahwa, meskipun banyak orang yang tertular SARS-CoV-2 dapat bersin, ini bukanlah gejala penyakit yang pasti.

Akan tetapi, penelitian telah menemukan bahwa kondisi itu bisa menjadi tanda umum pada orang yang telah menerima vaksin. Menariknya, data yang mereka tunjukkan orang yang telah divaksinasi dan kemudian dites positif covid-19  lebih mungkin terkena bersin sebagai gejala, dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkan vaksin.

“Ini menunjukkan bahwa banyak bersin yang tidak dapat dijelaskan setelah divaksin bisa menjadi tanda covid-19.  Jika kamu telah divaksinasi dan mulai banyak bersin tanpa penjelasan, kamu harus tinggal di rumah dan menjalani tes covid-19,” jelas Profesor Tim Spector.

Selain itu, penelitian tersebut juga mengatakan bahwa mereka yang telah divaksinasi, jika terinfeksi maka akan mengalami gejala covid yang lebih ringan dengan rentang yang lebih pendek, dibandingkan mereka yang tak mendapatkan vaksin.
(FIR)

MOST SEARCH