FITNESS & HEALTH

Memasuki Musim Hujan, Inilah Cara Melindungi Keluarga dari Demam Berdarah

Raka Lestari
Kamis 25 November 2021 / 12:27
Jakarta: Memasuki musim penghujan, biasanya akan ada berbagai penyakit yang mulai muncul seperti flu dan batuk, serta demam berdarah dengue (DBD). Gejala DBD sendiri, seringkali tidak disadari hingga akhirnya memasuki masa kritis yang bisa menyebabkan kematian. Untuk itu, perlu melakukan hal-hal pencegahan agar tidak terkena DBD.

“Sebagai individu, kamu dapat berperan dalam memerangi demam berdarah dengan melindungi diri dan lingkungan rumah dari nyamuk penyebab demam berdarah,” kata Dr Chua Ying Ying, Konsultan, Departemen Penyakit Menular, Singapore General Hospital (SGH).

Kamu dapat melindungi diri sendiri dan orang yang kamu cintai dari demam berdarah dengan melakukan tindakan pencegahan berikut:
 

1. Gunakan obat nyamuk, idealnya yang mengandung DEET


- Oleskan pada kulit atau pakaian yang terbuka, gunakan secukupnya untuk menutupi seluruh area.

- Jangan mengaplikasikannya pada luka atau kulit yang teriritasi.

- Jangan dioleskan di dekat mata atau mulut, dan gunakan sedikit di sekitar telinga.
 

2.  Kenakan baju lengan panjang dan celana panjang untuk menutupi lengan dan kaki


Usahakan untuk memakai baju berlengan panjang dan celana panjang. Hal ini bisa mencegah nyamuk menggigit tubuh. Selain itu, memakai baju lengan panjang dan celana panjang juga bisa membuat tubuh aman dari gigitan serangga lain, selain nyamuk penyebab demam berdarah.
 

3. Gunakan kelambu saat sedang tidur


“Jika kamu atau anak-anak mengalami ruam atau reaksi negatif lainnya dari obat nyamuk, cuci bersih dengan sabun lembut dan air dan hentikan penggunaan produk. Konsultasikan dengan dokter jika kondisinya terus berlanjut,” kata Dr Chua Ying Ying.
 

4. Penting untuk mencegah nyamuk berkembang biak


Di dalam rumah, nyamuk penyebab demam berdarah biasanya berkembang biak di dalam wadah makanan, nampan dan piring pot tanaman, dan lembaran kanvas atau lembaran plastik. Di luar rumah, nyamuk dapat berkembang biak di saluran perimeter, perangkap selokan, dan wadah yang dibuang.

“Penting untuk melakukan tindakan pencegahan di dalam dan di luar rumah untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk dan berkontribusi pada pencegahan demam berdarah,” kata Dr Chua Ying Ying. Caranya adalah dengan penggunaan semprotan insektisida, membuang wadah yang tidak terpakai, tutupi wadah-wadah air yang ada di rumah.
(FIR)

MOST SEARCH