FITNESS & HEALTH

6 Makanan untuk Meningkatkan Fokus dan Produktivitas

Raka Lestari
Jumat 10 September 2021 / 12:10
Jakarta: Tubuh membutuhkan makanan untuk bisa berfungsi dengan baik. Tidak hanya itu, makanan juga menjadi salah satu faktor penting untuk bisa membantu fokus dan produktivitas sehari-hari. Dan beberapa makanan bisa membantumu untuk mendapatkan itu.

Dilansir dari Well and Good, berikut ini adalah sumber makanan yang bisa membantu fokus dan produktivitasmu:
 

1. Telur


Pakar nutrisi Maya Feller, RD, mengatakan bahwa telur kaya protein dan lemak sehat serta nutrisi lain yang disebut kolin. Telur merupakan salah satu sumber terkaya kolin makanan.

"Kolin adalah prekursor asetilkolin, neurotransmitter yang memiliki fungsi kognitif luas termasuk suasana hati, memori, kemampuan belajar, dan fokus," kata Feller.
 

2. Alpukat


"Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu mendukung sel-sel saraf dan mendukung transmisi di seluruh neuron," kata Feller.

Jika kamu seorang vegan, buatlah roti panggang alpukat, kemudian pasangkan dengan buah dan sepotong roti gandum. Menu ini akan memberi tubuh karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk produktivitas.
 

3. Cokelat hitam


Jika kamu menginginkan sesuatu yang manis ahli saraf Caroline Leaf, PhD, merekomendasikan untuk mengonsumsi cokelat hitam. Penelitian menunjukkan cokelat hitam dapat membantu pengaturan suasana hati dengan mendukung kadar hormon yang sehat.

Cokelat hitam juga penuh dengan antioksidan yang baik untuk aliran darah. Dan aliran darah sangat penting untuk kesehatan otak, termasuk fokus.


4. Kacang-kacangan


Semua kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik. Kacang-kacangan juga memiliki melatonin dan polifenol. Dua nutrisi lain yang terkait dengan fokus dan produktivitas.
 

5. Salmon


Salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang disebutnya sebagai makanan otak terbaik. Omega-3 ditemukan di membran sel sel otak dan dibutuhkan untuk komunikasi yang tepat antara sel-sel otak.
 

6. Kunyit


Feller mengatakan kamu dapat meningkatkan manfaat penunjang otak dengan menambahkan kunyit ke dalamnya. Senyawa kurkumin yang ditemukan dalam kunyit telah terbukti meningkatkan kadar BDNF.

"BDNF adalah neurotransmitter yang penting untuk kinerja kognitif, pembelajaran, dan memori," pungkas Feller.


Hi Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/OVO @Rp50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkedan. Salam hangat.
(FIR)

MOST SEARCH