INTERIOR

5 Fengsui Kantor yang Bikin Tenang dan Produktif

Timi Trieska Dara
Kamis 25 November 2021 / 13:17
Jakarta: Selain rumah, ilmu topografi kuno asal Tiongkok bisa juga diterapkan guna mengoptimalkan ruang kerja di kantor. Ide-ide Fengsui berikut ini membantumu membangun lingkungan kerja yang positif sekaligus mendorong produktivitas dan kesuksesan.

"Dengan membawa chi atau energi positif di kantor kamu, seni kuno Tiongkok mendorong fokus yang lebih baik, lebih sukses, dan meningkatkan alur kerja secara keseluruhan," kata Leslie Close, desainer interior dan ahli Feng Shui di Los Angeles.
 

1. Bersihkan kekacauan kantor


Ruang kerja yang rapi akan membantu kamu fokus pada tugas. Bersihkan barang-barang yang tidak perlu dari ruang kerja, seperti dokumen lama perlengkapan kantor berlebih, dan benda lainnya. Jangan lupa membersihkan kekacauan di laci dan komputermu.
 

2. Pilih tata ruang Feng Shui kantor


Kunci tata letak kantor Fengsui adalah menempatkan meja kamu pada posisi perintah. Saat duduk, kamu harus bisa melihat pintu tanpa harus sejajar dengannya. Penempatan meja yang ideal adalah di tengah ruangan yang memungkinkan energi mengalir ke sekelilingmu. Jika tidak mungkin, setidaknya pastikan punggung kamu tidak menghadap pintu.
 

3. Memasukkan alam ke kantor


"Alam mengingatkan kita untuk mundur, bernapas, dan mengalir agar tetap fokus tanpa stres dan intens," kata Leslie.

Perkenalkan efek alam yang menenangkan ke kantormu dengan tanaman atau gambar pemandangan. Gantung gambar gunung di belakangmu karena energi gunung membawa dukungan dan membantumu tetap membumi.
 

4. Hindari elemen api


Fengsui menggunakan elemen tanah, logam, air, kayu, dan api untuk mencapai keseimbangan di rumah. Setiap elemen membawa jenis energi tertentu ke sebuah ruangan dan dapat diwakili oleh berbagai bahan, warna, atau benda.

Untuk kantor, Leslie menyarankan untuk menghindari api. Menurut dia, hal itu dapat membakar energi dan membawa ketegangan. Hindari menyalakan lilin di ruang kerja atau mendekorasi dengan warna merah, yang dapat menimbulkan "kekacauan" dalam kehidupan kerjamu.
 

5. Bawa elemen air dan logam


Air dan logam, di sisi lain, jauh lebih cocok untuk Fengsui kantor. Sering dianggap sebagai simbol kelimpahan, air dapat membawa ketenangan dan aliran ke ruang kerja, sementara logam meningkatkan ketajaman dan presisi.

Leslie merekomendasikan untuk melengkapi desktop kamu dengan air mancur mini, patung logam kecil, atau benda dekoratif lainnya yang melambangkan elemen-elemen ini. Kamu juga dapat mendekorasi kantor dengan nuansa biru, abu-abu, dan putih.
(FIR)

MOST SEARCH