FEATURE

Mengenal Sosok Pak Ribut yang Viral di FYP TikTok

Yatin Suleha
Senin 14 November 2022 / 18:08
Jakarta: Beragam jenis media sosial kerap digunakan di era digital, salah satunya adalah TikTok. Maraknya pengguna TikTok di kalangan masyarakat menjadikan aplikasi ini sebagai media sosial yang kian populer.

Dan baru-baru ini terdapat video viral di akun TikTok dari seorang guru yang memperlihatkan kedekatannya dengan siswa, yang sedang asyik tanya jawab seputar hal cita-cita siswa. 

Guru itu adalah Ribut Santoso, seorang guru honorer asal Lumajang, Jawa Timur yang belakangan ini menjadi sorotan di media sosial baik Instagram maupun TikTok. Selain berprofesi menjadi seorang guru di sekolah, Pak Ribut juga seorang koreografer dan pemilik sanggar tari. 

Bagi beliau menjadi seorang guru adalah profesi yang mulia, karena beliau dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi murid-muridnya. 

“Saya senang dekat dengan anak-anak, suka mencerdaskan anak, dan dekat dengan anak-anak membuat saya terlihat awet muda,” ujar Ribut.

Metode pembelajaran yang digunakan Pak Ribut yaitu dengan memberikan soal-soal yang harus dikerjakan murid-muridnya sebelum istirahat atau pulang sekolah. Bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan tersebut dengan benar, rupanya Pak Ribut telah menyiapkan hadiah.  

Menurut Pak Ribut, hadiah-hadiah ini adalah cara ia untuk memotivasi anak untuk lebih giat lagi dalam belajar. Sumber hadiah yang diberikan untuk siswa adalah murni dari kantongnya sendiri. Beliau berharap dengan cara seperti ini, dapat memotivasi siswa untuk tetap semangat datang ke sekolah dan tidak membolos. 

Kerja keras yang telah dilakukan oleh Pak Ribut telah membuat Agus Salim, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang memanggil Ribut beberapa waktu yang lalu. Agus memberikan apresiasi kepada Ribut atas metode pengajarannya yang baik dan menarik sehingga siswa juga bisa lebih dekat dengannya. 



(Salah satu keseruan interaksi Pak Ribut dengan beberapa muridnya. Video: Dok. Instagram Ribut R Dancer/@pak_ributguru82)

Selain itu, konten-konten yang dibuat oleh Pak Ribut telah banyak menarik perhatian orang dan membuat orang lain senang. “Pak Ribut itu bagus loh, dia metodenya bagus. Dia juga sangat dekat dengan muridnya, dan memang gayanya seperti itu tidak dibuat-buat, jadi disenangi oleh siswanya,” ujar Agus.

Meskipun menjadi guru itu menyenangkan, namun pasti ada hambatan dalam mengajar, seperti apabila guru sedang sakit. Secara otomatis guru pasti tidak akan bisa memberikan pengajaran yang maksimal di dalam kelas. Sehingga, guru pun harus menjaga kesehatannya dengan cara makan makanan yang bergizi dan berolahraga. 

Dengan adanya problematika ini, PT Sasa Inti, perusahaan bumbu masakan terkemuka di Indonesia, memberikan apresiasi kepada Ribut atas kebaikan yang telah dilakukannya, serta mendukung Ribut untuk terus berbuat kebaikan dengan memberikan Ribut sebuah Box of Kindness yang berisi produk Sasa Platinum Care+. 

Produk ini sudah di difortifikasi dengan vitamin, mineral, dan Omega-3 serta dilengkapi dengan kebaikan nutrisi yang bermanfaat untuk mendukung kelengkapan gizi keluarga Indonesia dan memperbaiki life quality index di Indonesia. 

Pesan dari Pak Ribut, “Manusia adalah makhluk sosial, jangan segan-segan dalam berbuat kebaikan dengan sesama, agar kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diberikan kesehatan, rezeki, kesuksesan, dan keberkahan dalam hidup. Jangan Lelah menjadi orang baik untuk orang-orang di sekitar kita.”

Lalu, kenapa tidak dari sekarang merubah Indonesia menjadi lebih baik lagi? Mari kita menanam kebaikan dan memulainya dari hal kecil, kapan saja dan di mana saja? 

Untuk bisa memilih Pak Ribut sebagai Crazy Kind Inspirational Figure caranya sangat mudah. Kamu bisa mengunjungi website Crazykind.sasa.co.id. Selain Pak Ribut terdapat sosok lain yaitu Raline Shah-aktris, Budi Rudianto-founder dan pembina program Peduli Nagari, dan Ibu Mahariah-guru dan pegiat lingkungan Kepulauan Seribu. 

Dengan memberikan ‘vote’ pada salah satu misi Sasa Crazy Kind pilihanmu yang telah dipaparkan. Ada empat misi mulia ala Sasa Crazy kind, di antaranya: 

1. Menyediakan makanan sehat untuk melawan gizi buruk
2. Membantu anak-anak tetap sekolah
3. Membantu meningkatkan kesejahteraan guru
4. Menyediakan kualitas pangan yang layak untuk lingkungan kumuh

Kamu juga harus menuliskan namamu dan menyertakan informasi domisili sebelum menentukan misi dan tokoh pilihanmu. Dalam periode satu bulan ke depan, Sasa akan membuka kesempatan bagi siapa pun untuk mendukung misi mulia para tokoh dan akan merealisasikan salah satu misi dengan hasil dukungan terbanyak.

Jangan khawatir, kamu bisa memilih lebih dari satu misi dan tokoh figur yang menurutmu paling penting atau mulia untuk direalisasikan. Satu vote sangat berarti untuk setiap misi kebaikan yang dibawa para Crazy Kind versi Sasa. Dengan memberikan vote Sasa akan berkomitmen membantu Crazy Kind merealisasikan misi yang mereka bawa.
(TIN)

MOST SEARCH