FAMILY

Ketika Pasangan Punya Gaya Pengasuhan yang Berbeda, Ini Solusinya!

Mia Vale
Rabu 24 Agustus 2022 / 08:05
Jakarta: Adalah umum bagi pasangan untuk memiliki gaya pengasuhan yang berbeda. Tetapi ketidaksepakatan orang tua tentang harapan, disiplin, dan aspek lain dari pengasuhan anak dapat membuat anak-anak merasa bingung dan tidak aman.

Kebanyakan orang tua menggunakan salah satu dari empat gaya pengasuhan umum: 
?1. Berwibawa, dengan harapan tinggi dan banyak kehangatan
2. ?Otoriter, dengan aturan yang kuat
?3. Permisif, dengan banyak kehangatan dan tidak banyak aturan
4. ?Tidak terlibat, atau lalai, mengasuh anak, dengan sedikit kehangatan dan sedikit harapan

Bila terdapat perbedaan, solusinya, belajarlah menjadi orang tua sebagai sebuah tim, terlepas dari perbedaan kalian. Enam kiat solusi pengasuhan yang berbeda yang telah dilansir dari Stanford Children, mungkin bisa membantu. 
 

1. Temukan kesamaan


Anak-anak merasa lebih aman ketika orang tua menetapkan aturan yang masuk akal dan menghadirkan persatuan. Sebaliknya, ketika dihadapi dengan aturan yang berbeda, mereka akan merasa bingung dan memiliki masalah perilaku.

Jadi, berdiskusilah secara pribadi dengan pasangan bila salah satu ada yang tidak setuju untk mencapai kesepakatan.



(Komunikasi keluarga adalah komunikasi antara orang tua dan anak dengan tujuan membentuk kasih sayang, kerja sama dan kepercayaan dalam suatu hubungan. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Berkomunikasi secara teratur 


Luangkan waktu setiap hari untuk membicarakan masalah, kebutuhan, dan jadwal keluarga saat ini. Pastikan untuk menyisihkan waktu untuk membahas masalah yang lebih besar dan juga rencana jangka panjang, seperti mengubah waktu tidur, menaikkan tunjangan, atau memberi anak lebih banyak tanggung jawab dan hak istimewa seiring bertambahnya usia.
 

3. Jangan tempatkan anak-anak di tengah


Bila kamu ingin membawa anak ke perpustakaan pada hari Sabtu agi. Sedangkan pasangan kamu ingin mengajak si kecil ke mal. Nah, daripada berdebat ke mana si kecil pergi, lebih baik diskusikan dan bekerja sama rencana siapa yang akan dijalankan. Ingat, kehidupan keluarga yang bahagia dan kesempatan untuk menjadi panutan untuk pemecahan masalah yang penuh hormat. 
 

4. Tidak setuju di balik pintu tertutup


Tidak setuju dengan ide pengasuhan pasangan itu biasa. Tapi jangan membicarakannya di depan anak-anak, dan jangan menyela dan ikut campur saat pasangan sedang mendisiplinkan anak-anak. Itu akan merusak otoritas pasangan. 
 

5. Saling dukung dan memahami


Bicarakan tentang apa yang kamu sukai tentang gaya pengasuhan satu sama lain, bagaimana kalian dapat saling mendukung, dan aspek pengasuhan apa pun di mana masing-masing perlu ditingkatkan. Untuk wawasan lebih lanjut, selidiki lebih dalam masa kanak-kanak sendiri dan bagaimana gaya orang tua dapat memengaruhi masa kanak-kanak mereka. 
 

6. Ambil kelas bersama


Banyak komunitas menawarkan program pendidikan parenting. Penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat membuat orang tua lebih efektif.
(TIN)

MOST SEARCH