FAMILY

Akhirnya, Usia 5 - 11 Tahun Bisa Booster Pfizer Covid

Mia Vale
Minggu 22 Mei 2022 / 13:00
Jakarta: Sebuah studi pada bulan Februari menemukan bahwa dua dosis vaksin menawarkan sedikit perlindungan terhadap varian Omicron. Food and Drug Administration pun mengesahkan dosis booster vaksin Pfizer-BioNTech covid-19 untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun. 

FDA menyatakan, anak-anak dalam kelompok usia tersebut bisa mendapatkan suntikan booster setidaknya 5 bulan setelah mereka menerima seri 2 dosis utama. Suntikan booster adalah 10 mikrogram, dosis yang sama dengan seri utama untuk kelompok usia dan 1/3 dari dosis yang diberikan kepada orang berusia 12 tahun ke atas. 

Melansir laman CNBC, 1/3 dari 28 juta anak berusia 5 hingga 11 tahun di Amerika Serikat telah menerima 2 dosis vaksin covid.

Menurut data dari CDC, Dr Peter Marks, regulator vaksin teratas FDA, mencatat bahwa orang tua dapat melindungi anak-anak mereka dari "konsekuensi yang berpotensi parah" dari covid-19 dengan membuat mereka divaksinasi dengan seri primer 2 dosis.


Usia 5 - 11 Tahun Bisa Booster Pfizer Covid
(FDA saat ini sedang meninjau aplikasi Moderna untuk otorisasi vaksin 2 dosis untuk anak usia 6 bulan hingga 5 tahun. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)


Dr Paul Offit, ahli vaksin di Rumah Sakit Anak Philadelphia, mengatakan dosis booster harus memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap penyakit ringan yang disebabkan oleh Omicron dan keluarga subvariannya, yang tampaknya lebih mahir daripada jenis sebelumnya dalam menghindari kekebalan dari vaksinasi atau sebelumnya, infeksi. 

Hasil uji klinis yang dirilis pada bulan April menemukan dosis booster vaksin Pfizer pada anak usia 5-11 tahun meningkatkan kadar antibodi terhadap jenis virus korona asli serta varian Omicron. 

Offit mengatakan dosis tambahan pada anak-anak harus meningkatkan kadar antibodi yang cukup untuk memberikan perlindungan tingkat tinggi terhadap penyakit ringan setidaknya selama beberapa bulan. 

Paling tidak, 3 hingga 6 bulan perlindungan yang lebih baik. Dan, FDA telah mengizinkan dosis Pfizer ke-3 untuk anak-anak 5-11 dengan sistem kekebalan yang terganggu sebagai bagian dari seri 3 dosis utama mereka. 

Anak-anak di bawah 5 tahun adalah satu-satunya kelompok di AS yang tetap tidak memenuhi syarat untuk vaksin covid-19, meskipun itu mungkin akan segera berubah.

FDA saat ini sedang meninjau aplikasi Moderna untuk otorisasi vaksin 2 dosis untuk anak usia 6 bulan hingga 5 tahun. Keputusan akhir diharapkan pada bulan Juni. 

(TIN)

MOST SEARCH