FAMILY

Cara Mengajarkan Anak Pakai Masker

Raka Lestari
Senin 12 Oktober 2020 / 06:00
Jakarta: Menggunakan masker merupakan salah satu cara yang terbukti efektif dalam mencegah penularan covid-19. Siapapun wajib menggunakan masker, terutama ketika sedang berada di luar rumah tidak terkecuali anak-anak. Masker direkomendasikan oleh WHO untuk dikenakan pada anak berusia dua tahun atau lebih.

“Anak yang berusia di bawah dua tahun maupun anak yang tidak sadar atau tidak mampu membuka masker sendiri tidak direkomendasikan untuk mengenakan masker karena adanya risiko kekurangan napas,” ujar dr. Cynthia Rindang K, SpA, dokter spesialis anak di RSPI Puri Indah.

Menurut dr. Cynthia, rekomendasi penggunaan masker untuk anak usia dua tahun adalah dengan melakukan physical distancing atau tetap berada di dalam rumah. Serta memastikan semua orang lain di sekitar anak untuk mengenakan masker dengan benar.

Bagaimana cara mengajari anak mengenakan masker dengan benar? Berikut adalah tips yang diberikan oleh dr. Cynthia:

1. Berlatih menggunakan masker di rumah setiap hari pada waktu-waktu tertentu sehingga anak tidak merasa asing dengan benda tersebut

2. Memberi contoh penggunaan masker pada boneka favorit anak

3. Beli atau hias masker dengan berbagai gambar yang disukai anak

4. Tunjukkan berbagai gambar anak-anak lain yang sedang mengenakan masker

5. Gambar masker pada tokoh favorit di buku cerita anak

6. Bagi anak yang lebih besar, orang tua dapat bercerita dengan bahasa yang disesuaikan dengan usia anak tentang kuman dan masker sebagai upaya pencegahan.



(Anak usia dua tahun ke atas direkomendasikan untuk mengenakan masker. Foto: Pexels.com)

“Sebelum mengenakan masker, sebaiknya ajarkan anak untuk mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun atau cairan antiseptik berbahan dasar alkohol,” saran dr. Cynthia. Selain itu, ia juga menyarankan untuk tidak menyentuh masker yang dipakai.

Dr. Cynthia juga berpesan jika ingin melepas masker, lepaskan dari belakang dan jangan menyentuh bagian depan masker.

Segera buang ke dalam tempat sampah tertutup kemudian bersihkan tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun, atau cairan antiseptik berbahan dasar alkohol.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun. 
(TIN)

MOST SEARCH