FAMILY

Manfaat Anak Bermain, Mempersiapkan Otak Muda untuk Kehidupan

Yatin Suleha
Jumat 13 November 2020 / 15:02
Jakarta: Tentu saja kamu setuju bahwa bermain bagi anak sangat penting. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Blue Sky Science (Sebuah kolaborasi dari Wisconsin State Journal dan Morgridge Institute for Research, 2016) menyatakan bahwa bermain sangat penting untuk perkembangan anak dalam segala hal.
 
Hal ini berdampak pada perkembangan kognitif, perkembangan sosial dan emosional, serta pengembangan bahasa.

Selain memiliki peran penting untuk perkembangan anak-anak, peran orang tua juga diperlukan untuk memastikan bahwa alat pendukung disediakan dalam mensukseskan proses ini melalui bermain.  

Psikolog Saskhya Aulia Prima dari TigaGenerasi menjelaskan tentang bagaimana ikon pengembangan penting bagi orang tua saat mereka memilih mainan untuk anak-anak mereka.
 
Perkembangan anak dibagi menjadi empat tahap seperti motorik, berpikir, emosi/sosial dan sensorik.
 
Sementara masing-masing dari mereka memainkan peran penting dalam setiap kategori usia dan hendaknya mainan si kecil juga memiliki produk yang mendukung proses tersebut, yakni mainan edukatif.


anak
(Empat tahap tumbuh dan kembang anak antara lain seperti motorik, berpikir, emosi/sosial dan sensorik. Sementara masing-masing dari mereka memainkan peran penting dalam setiap kategori usia dan hendaknya mainan si kecil juga memiliki produk yang mendukung proses tersebut. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Proses itu dimulai ketika anak-anak bermain dan memiliki interaksi dengan teman bermain (bisa melalui orang tua atau teman sebaya) dan akan menyebabkan otak senang dan menghasilkan nilai tambah bagi tumbuh kembang anak.
 
Saskhya mengatakan, “Bermain bukan sesuatu yang mewah, bermain adalah suatu keharusan. Bermain berdampak pada otak dengan melalui korteks prefrontal (pusat kendali otak) menjadi lebih besar dan lebih cepat."
 
"Tahap ini akan mempersiapkan otak muda untuk kehidupan, afeksi dan bahkan pekerjaan sekolah. Itulah alasan mengapa bermain merupakan hal penting untuk perkembangan otak yang sehat.”
(TIN)

MOST SEARCH