FAMILY

Manfaat Bermain Makeup untuk Pertumbuhan Motorik Anak

A. Firdaus
Jumat 04 Desember 2020 / 18:05
Jakarta: Orang tua punya berbagai macam cara agar anaknya memiliki pertumbuhan syaraf motorik. Entah itu melalui kecanggihan teknologi atau pun dengan aktivitas fisik sehari-hari.

Contoh untuk mengembangkan kemampuan motorik anak dengan melakukan aktivitas fisik sehari-sehari biasanya dengan menulis, atau membacakan dongeng.

Tapi kini ada satu cara menarik, yang mungkin tak asing lagi dilakukan oleh anak-anak. Yaitu belajar dan bermain makeup.

Denrich Suryadi, M.Psi., Psikolog, dalam kesempatan Parenting Talk bersama Amara, menjelaskan tentang pentingnya merangsang perkembangan motorik anak sejak dini. Denrich menjelaskan, kemampuan motorik adalah kegiatan yang melibatkan anak menggunakan otot-otot dalam tubuhnya.

Motorik anak dibagi menjadi dua, yaitu motorik kasar dan halus. Motorik kasar adalah gerakan yang dilakukan anak melibatkan kelompok otot-otot besar, seperti lengan, kaki, betis, atau seluruh tubuh anak.

Sedangkan motorik halus adalah gerakan motorik anak yang melibatkan otot-otot kecil dalam tubuh anak, seperti tangan, jari, dan pergelangan tangan.

Nah ternyata untuk merangsangan motorik halus ini bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana lho, termasuk dengan bermain makeup bersama si Kecil:
 

1. Berdandan


Untuk anak usaia 3 tahun, anak mulai belajar meniru orang lain dan menjadikan orang-orang terdekat atau sering dilihatnya sebagai idola. Khususnya untuk orang tua yang punya anak perempuan, dia akan menirukan kegiatan yang dilakukan ibunya, seperti berdandan.

Jangan khawatir jika mereka melakukannya, sebab itu adalah hal yang wajar, justru ini bisa menjadi sarana pengembangan motorik si Kecil. Hal sederhana seperti caranya memegang aplikator makeup mini, mewarnai bibir dengan mini lipstick, mewarnai kelopak mata dengan eyeshadow, itu semua bisa menjadi media belajar untuk si Kecil.

Namun, jangan lupa, ibu juga harus pastikan produk yang digunakannya memang khusus untuk anak ya. Seperti bisa memberikan mereka Amara Kids Cosmetics, makeup yang formulanya khusus untuk anak-anak, sudah bersertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.
 

2. Mengenal warna


Selain itu, merangsang perkembangan motorik si Kecil juga bsia dilakukan dengan belajar mengenal berbagai warna dengan bermain kutek bersama si Kecil. Amara Nail Polish bisa menjadi pilihan tepat untuk ini.

Saat menerapkan warna, orang tua bisa juga sambil melatih kognitifnya dengan mengajarkan melakukan mix & match warna.
 

3. Budayakan membersihkan muka


Yang terakhir, jangan lupa selalu mengingatkan si Kecil untuk membersihkan muka kembali setelah ber makeup. Walaupun terlihat sangat sepele, namun saat melakukan hal ini pun orang tua bisa sambil melatih motoriknya, dengan memutar kapas ke seluruh wajahnya setelah menggunakan makeup.

Bantu si Kecil dalam membersihkan riasannya, dan momen ini ibu juga bisa menanamkan tentang penting nya membersihkan muka hingga dewasa nanti. Jangan lupa gunakan pembersih muka yang aman pula untuk anak ya Moms.
(FIR)

MOST SEARCH