FAMILY

Jangan Sedih, Begini Cara Mengatasi Baby Blues Untuk Ibu Baru

Medcom
Kamis 22 September 2022 / 14:05
Jakarta: Sebagian ibu mengalami stres berat akibat perbedaan kehidupan sebelum dan sesudah memiliki bayi. Biasanya masalah yang dihadapi orang tua baru itu karena popok, suara tangis bayi, pasangan yang tidak suportif.

Belum lagi rasanya kamu ingin berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa memikirkan proses menyusui selanjutnya. Keadaan ini biasa disebut juga dengan baby blues.

Tetapi emosi ini juga membuat ibu baru merasa sedih dan suasana hatinya bisa sangat membingungkan. Karena memiliki bayi seharusnya membuat kamu bahagia, bukan sengsara. 

Namun, perlu kamu ketahui bahwa meskipun baby blues tidak terlalu menyenangkan, rasa ini (biasanya) bersifat sementara. Berarti kamu bisa segera kembali normal dan siap menghadapi hari dengan senyuman.
 

Nah, begini cara mengatasi baby blues agar tak berlangsung lama:

 

1. Perbanyak istirahat


Tidur merupakan obat alternatif untuk menghilangkan stres di kepala. Moms bisa mengambil waktu tidur disaat bayi juga tidur. Jangan sampai kamu merasa Lelah karena akan memberi dampak buruk di kemudian hari.


(Baby blues merupakan masalah psikologis yang umum dialami oleh ibu setelah melahirkan. Kondisi ini menyebabkan ibu lebih emosional dan sensitif, seperti mudah sedih, cemas, lelah, lekas marah, sering menangis, kurang nafsu makan, sulit tidur, dan sulit konsentrasi. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Meminta bantuan


Seorang ibu baru umumnya belum terbiasa menghadapi pekerjaan rumah sendirian, karena itu bisa sangat melelahkan. Kamu bisa meminta tolong bantuan orang lain, pasanganmu, atau saat ibumu main ke rumah. Sedikit pekerjaan yang dilakukan orang lain bisa membawa banyak perbaikan pada emosimu.
 

3. Makan dengan baik dan keluar


Memakan makanan favoritmu bisa meningkatkan mood baik. Keluar rumah untuk relaksasi diri juga dibutuhkan. Tak usah jauh-jauh, hanya sekedar jalan pagi mengelilingi komplek juga bisa menghilangkan sedikit penat. Ini sederhana namun efektif loh, Moms.
 

4. Bercerita dengan orang lain


Moms bisa menceritakan keluh kesah yang dirasakan kepada orang terdekat seperti suami, sahabat, atau keluarga. Namun jika masih merasa kurang, kamu bisa membuat appointment dengan terapis.
 

5. Lakukan sesuatu yang kamu sukai


Mengisi waktu luang dengan kegiatan biasanya bisa mengalihkan pikiran yang buat kamu merasa terbebani.
 

6. Meningkatkan hubungan dengan pasangan


Berkomitmen untuk melakukan sesuatu dengan pasangan sehari sekali dapat sangat membantu kamu berdua merasa terhubung dan didukung. Saat-saat seperti inilah dukungan dari pasangan sangat dibutuhkan. Jangan sampai kamu tenggelam dalam pikiran yang membuatmu sedih ya!


Nandhita 

(TIN)

MOST SEARCH