FAMILY

Khusus Suami Istri! Ini Tips Berhubungan Intim di Bulan Ramadan

A. Firdaus
Sabtu 09 April 2022 / 21:10
Jakarta: Bagi umat Muslim, Ramadan bukan hanya sekadar menahan haus dan lapar, tapi juga menahan hawa nafsu. Pada saat berpuasa, kamu diharuskan untuk menahan hawa nafsu melakukan hubungan intim bersama suami atau istri.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan Journal of Guilan University of Medical Sciences mengungkapkan, jika menghindari rangsangan seksual bisa membantu mengontrol hawa nafsu pada saat berpuasa. Kendati demikian, kamu dan pasangan tetap bisa melakukannya asalkan tetap pada aturannya.

Melakukan hubungan suami istri juga merupakan kebutuhan biologis yang harus terpenuhi. Nah, agar 'bercinta' tetap terjaga namun tidak membatalkan puasa, maka ada beberapa tips yang bisa kamu dan pasangan lakukan melansir Bocah Indonesia.com:
 

1. Waktu yang tepat untuk berhubungan


Salah satu tips yang perlu kamu perhatikan saat melakukan hubungan intim di Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat. Waktu yang dianjurkan untuk melakukan hubungan suami istri di Bulan Ramadan yaitu pada malam hari. Pasalnya, jika melakukan hubungan suami istri di Bulan Ramadan pada saat siang hari maka hukumnya menjadi haram.

Menurut Buya Yahya, dikutip dari channel Youtube Al-Bahjah TV, mengungkapkan salah satu yang membatalkan puasa adalah melakukan hubungan intim (senggama).

"Yang membatalkan puasa ketiga adalah bersenggama di siang hari. Di siang hari itu maksudnya adalah setelah subuh tiba berhubungan suami istri dengan sengaja, itu batal,” ujar Buya Yahya.

Sementara itu menurut Ustaz Khalid Basalamah dikutip dari Youtube Kajian Ar-Rahman, jika melakukan hubungan suami istri pada siang hari di bulan Ramadan, maka kamu diharuskan membayar denda. Terdapat 3 pilihan membayar denda atau kafarat sesuai hukum Islam, yakni membebaskan budak, berpuasa selama dua bulan berturut-turut, atau memberi makan sebanyak 60 orang miskin.

Selain pada malam hari, berhubungan intim saat puasa sebelum subuh, tepatnya sebelum sahur juga menjadi salah satu waktu yang dianjurkan. Meski durasinya tidak panjang pada saat berhubungan pada malam hari, namun kamu tetap mendapatkan kepuasan seksual bersama suami atau istri. Sebaiknya hindari berhubungan intim saat puasa setelah subuh karena merupakan waktu yang tidak dianjurkan.
 

2. Mandi junub setelah berhubungan intim


Salah satu tips bagi kamu yang berhubungan intim di Bulan Ramadan adalah mandi junub setelah berhubungan. Mandi junub atau mandi wajib adalah proses membersihkan diri agar tubuh kembali dalam kondisi suci kembali.

Jika kamu berhubungan intim pada saat malam hari atau sebelum sahur maka segera mandi junub pada saat setelah sahur atau sebelum salat Subuh. Menurut Ustaz Khalid Basalamah, pasangan suami istri yang melakukan hubungan intim sebelum salat Subuh, namun belum mandi junub tetap sah puasanya.

“Kalau sudah sahur langsung tidur terus mimpi hubungan biologis (mimpi basah) apakah batal? Nggak batal, nggak ada hubungannya. Walaupun dia berhubungan biologis yang sebenarnya sama istrinya kemudian adzan subuh, dia sudah selesai, tapi belum mandi, tetap sah puasanya,” ujar Ustaz Khalid Basalamah.

"Namun, jika pasangan suami istri berhubungan setelah subuh maka dapat membatalkan puasa. Berhubungan badan dengan suami atau istri ada masalah, kecuali dia (berhubungan) biologis setelah adzan subuh, itu berarti batal puasanya,” lanjutnya.
 

3. Jaga asupan gizi


Meski kamu telah berpuasa selama kurang lebih 14 jam maka ada baiknya memenuhi asupan sesuai kebutuhan. Usahakan untuk memenuhi asupan makananmu dengan karbohidrat kompleks, protein, serat, lemak sehat, hingga vitamin dan mineral.

Berbuka puasa dan sahur dengan gizi seimbang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan gairah seksualmu dan pasangan. Meski berhubungan seksual dianjurkan pada malam hari namun hindari berhubungan intim tepat setelah berbuka puasa. Sebaiknya beri jeda selama 2 jam setelah berbuka puasa.

Jika kamu melakukan hubungan intim dalam kondisi masih kekenyangan setelah menyantap hidangan berbuka dikhawatirkan akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain itu, perhatikan durasi berhubungan intim agar kamu dan pasangan tidak kelelahan, sehingga tetap dapat bangun dan menikmati santapan sahur.
(FIR)

MOST SEARCH