FAMILY

Ajari Anak Mengenal Cara Astronot Makan di Luar Angkasa

Medcom
Rabu 04 Mei 2022 / 10:25
Jakarta: Dunia astronomi selalu menarik minat anak-anak. Mereka selalu antusias diberi penjelasan mengenai benda-benda di luar angkasa seperti bulan, matahari dan planet-planet.

Tak kalah menarik, profesi astronot juga punya daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Selain mengenalkan fungsi dan tugas astronot, orangtua juga perlu mengajari anak mengenai bagaimana para manusia yang terbang ke luar angkasa itu makan dan minum.  

Simak fakta unik cara astronot makan dan minum di luar angkasa:

1. Astronot Makan 3 kali sehari

Seperti kita yang ada di Bumi, astronot makan tiga kali sehari dengan kriteria khusus, yaitu harus yang memenuhi standar kalori dan nutrisi para astronot. Makanan diatur berdasarkan urutan waktu astronot. Seperti yang dilansir Science.howstuffworks, setelah makan, makanan akan disimpan kembali di nampan loker yang dipegang oleh jaring sehingga tidak akan hanyut ke mana-mana.

2. Cara Astronot Makan dan Minum

Makanan luar angkasa biasanya dikemas dalam kemasan plastik, atau kemasan praktis lainnya. Untuk mencegahnya melayang saat dimakan biasanya kemasan makanan yang dimiliki astronot memiliki tempelan Velcro sehingga dapat dilekatkan pada meja.

Sedangkan astronot minum langsung dari kemasan khusus yang sudah ada sedotannya. Sehingga saat haus, mereka bisa langsung minum dengan mudah tanpa khawatir air yang diminum ke mana-mana.

3. Makanan Khusus yang Dikonsumsi

Sebenarnya astronot makan seperti biasa, namun makanan yang mereka makan tentu agak berbeda dengan yang biasa kita makan di bumi. Makanan yang dikonsumsi harus berkualitas sangat tinggi dan juga harus praktis serta mudah dikonsumsi, salah satunya permen kopi.

Fakta menarik lain pernah terjadi ketika para astronot kedapatan membawa kopiko yang merupakan permen kopi asal Indonesia pada tahun 2017. Peristiwa ini sempat viral di media sosial.



Dengan produk ini para astronot bisa menikmati kopi. Seperti yang kita tahu bahwa di luar angkasa tentunya para astronot tidak bisa dengan mudah menyeduh kopi karena bubuknya yang bisa berterbangan lalu menyumbat mesin, bahkan pernapasan astronot sendiri.

Permen ini bahkan sempat dibawa rombongan yang dikomandoi Menko Marves, Luhut Binsar Padjaitan ketika bertemu Elon Musk yang juga bos dari Tesla dan Space X. Foto pemberian permen kopi itu juga sempat viral di media sosial kemarin.
(ELG)

MOST SEARCH