FAMILY

Tips Agar Anak Makan tanpa Harus Menonton TV atau Main Gadget

Raka Lestari
Sabtu 21 Agustus 2021 / 10:12
Jakarta: Anak-anak dan orang dewasa terkadang memiliki kebiasaan makan sambil menonton televisi atau bermain laptop dan gadget. Kebiasaan ini harus dihindari, karena waktu makan harus dilakukan secara mindfull atau dengan konsentrassi penuh.

Bagi anak-anak, cara ini bisa mengganggu fokus mereka dan pembelajaran makan mereka yang tentunya menambah masalah. Dilansir dari Times of India, untuk mengurangi kebiasaan tersebut berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan:
 

Mengatur waktu makan yang ketat


Untuk mengatasi ketergantungan anak terhadap gadget mereka, cara bijaksana yang bisa orang tua lakukan adalah dengan membatasi waktu makan mereka. Upaya ini juga bisa menjadi cara yang baik untuk mengajarkan anak untuk memiliki waktu makan yang disiplin tanpa membagi fokus mereka kepada hal yang lain. Daripada membiarkan anak-anak memiliki waktu makan yang lama, berikan mereka batas waktu makan dan buat mereka mengkuti aturan tersebut secara konsisten.
 

Mengurangi screen time secara perlahan


Jika orang tua khawatir anak akan rewel, cobalah memulainya dengan mengurangi waktu menonton televisi atau bermain gadget secara perlahan. Perlahan namun pasti, semakin mereka terbiasa jauh dari televisi atau gadget ketika waktu makan, maka akan semakin mudah mendisiplinkan mereka tanpa harus membuat anak menjadi cranky.
 

Hindari semua distraksi ketika mereka makan


Jauhkan semua hal-hal yang membuat anak terganggu fokusnya ketika makan dan orang tua harus melakukannya secara tegas. Buat aturan untuk tidak memainkan hal-hal yang bisa menarik fokus anak seperti buku, ponsel, atau permainan digital ketika anak sedang makan. Sebaliknya, fokuskan anak untuk makanan yang sedang mereka makan atau percakapan yang terjadi di meja makan.
 

Biasakan makan bersama keluarga


Lakukan kebiasaan makan bersama anggota keluarga, setidaknya satu kali sehari. Meskipun setiap anggota keluarga mungkin punya agenda yang berbeda, berusaha untuk memiliki waktu makan bersama bisa menumbuhkan kebiasaan yang baik pada anak-anak. Ini juga bisa menjadi cara orang tua untuk mencontohkan tidak makan tanpa adanya televisi atau gadget ketika makan.
 

Jelaskan aturan kepada anak


Sebelum orang tua mengambil semua gadget dari anak, cobalah untuk berbicara dengan anak mengapa mereka tidak boleh menggunakan gadget ketika waktu makan. Dengan begitu, anak-anak bisa memahami dan mau mengikuti aturan.
(FIR)

MOST SEARCH