FAMILY

Manfaat Membiasakan Anak Membaca Sejak Dini

Kumara Anggita
Rabu 28 Juli 2021 / 08:08
Jakarta: Membaca adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan dan juga memberikan manfaat konstruktif untuk perkembangan anak. Menurut psikolog, ini perlu dilakukan sedini mungkin.

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Anak dan Remaja menjelaskan bahwa manfaat utama yang bisa diambil ketika membaca adalah sebagai berikut:
 

1. Bonding


Membaca bersama membuat anak dan ibu bisa memiliki kegiatan bersama. Tak hanya itu, biasanya kegiatan ini juga membuat ibu dan anak melakukan sentuhan fisik.

Menurut Vera, kedua hal ini bisa memunculkan hormon Oxytocin, yaitu salah satu hormon anti stres yang membuat anak merasa dekat dengan ibu, begitupun sebaliknya. Vera menyarankan bahwa bonding ini perlu dilakukan sedini mungkin, karena semakin dini kedekatan itu terbangun, maka anak akan merasa semakin nyaman dengan ibunya.

"Bisa dari sisi bondingnya, kita mulai dari sedini mungkin itu nyicil buat besar nanti. Kalau di usia belasan itu (mulai bonding), anak mungkin seperti ‘siapa kau?’ itu agak susah untuk bonding. Jadi bonding sedini mungkin,” jelas Vera.

“Jadi ketika sudah mulai kenal teman atau dekat dengan temannya, kita sudah punya cantolannya dari sekarang. Jadi tidak lari kemana-mana, dia akan lari ke ibunya,” lanjutnya.
 

2. Melatih keterampilan


Selain itu, membaca juga meningkatkan keterampilan yang berguna saat anak dewasa. Anak bisa jadi lebih mudah memahami materi bacaan.

“Membaca ini, cikal bakalnya adalah melatih keterampilan membaca. Bagaimana dia mendengarkan, melafalkan, belajar fokus dimulai dari sekarang,” jelasnya.
 

3. Menurunkan stres


Membaca juga bisa menurunkan stres. Penelitian menunjukkan bahwa membaca buku sendiri bisa menurunkan stres jauh lebih rendah dibandingkan main game, atau jalan pagi.

Vera menyarankan agar ibu membiasakan anak agar menyukai membaca. Buat anak melihat membaca sebagai sesuatu yang menyenangkan.

“Jadi bagaimana anak supaya suka membaca? jadi membaca sebagai kegiatan stres release buat dia, itu dimulai dari sekarang,” tutupnya.
(FIR)

MOST SEARCH