FAMILY

Ternyata Anak di bawah 2 Tahun tak Disarankan Pakai Masker

Kumara Anggita
Selasa 20 Oktober 2020 / 13:27
Jakarta: Sejak pandemi covid-19 hadir, kita harus ekstra hati-hari dalam melakukan segala aktivitas. Kita  juga perlu terapkan 3M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

Namun apakah anak-anak yang masih kecil juga perlu melakukan hal yang sama? Ternyata, anak berumur di bawah dua tahun tidak perlu memakai masker. Menurut dr. Citra Amelinda, Sp.A, IBCLC MKes, cara ini dinilai tidak efektif.

Menurut dr. Citra penggunaan masker tidak pas untuk anak di bawah dua tahun. Sebab akan lebih memberikan banyak kerugian daripada keamanan.

Anak di bawah dua tahun saluran pernapasannya berbeda dengan orang yang sudah lebih besar. Hal ini bisa memengaruhi dan bahkan mengganggu pernapasannya.

“Kalau anak-anak berbeda. Bentuk saluran napasnya berbeda. Jadi di bawah dua tahun, jangan pakai masker,” ujar dr. Citra dalam ZAP Virtual Conference 2020.
 

Bagaimana dengan penggunaan mika?


Beberapa orang juga menggunakan mika shield untuk memproteksi diri dari virus covid-19. Usaha ini juga tidak efektif untuk diterapkan kepada anak di bawah umur dua tahun.

“Untuk plastik mika. Itu kan cuma bagian depannya saja. Kumannya itu kecil sekali. Jadi virus tetap bisa masuk. Jadi mika tak efektif. Di website CDC Amerika penggunaan mika shield sudah tidak dianjurkan,” ujarnya.

Bila anak di bawah dua tahun tetap harus keluar, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi risiko penularan. Minta anakmu untuk mencuci tangan dan menghindari menyentuh tangan, hidung, dan mulut. Dan tentunya jauhkan mereka dari orang lain.

“Cuci tangan wajib. Kenapa wajib karena kalau misal keluar, tidak harus semua kena virus langsung terjangkit. Dia harus ada jumlah minimalnya baru bisa menyebabkan penyakit. Bilang sama adik, ‘adek cuci tangan sebelum kumannya jadi sakit, ayo kita cepat-cepat harus pulang, langsung mandi, ganti baju,” jelas dr. Citra.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(FIR)

MOST SEARCH