FAMILY

Jika Anak Positif Covid-19, Siapa yang Harus Merawatnya?

Kumara Anggita
Kamis 22 Juli 2021 / 16:37
Jakarta: Ketika orang dewasa positif covid-19, mungkin mereka bisa mengurus diri sendiri di kamar. Namun, bagaimana bila ini terjadi pada anak-anak yang kesehariannya masih membutuhkan bantuan orang tua?

Ns. Defi Efendi, Sp.Kep.An, Ners CCM NICU RSUI dari Staf Dep. Keperawatan Anak FIK UI menjelaskan bahwa dalam keadaan ini, memang sebaiknya yang mengurus tetaplah orang tua

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua saat merawat anak yang sedang terkena covid-19 antara lain:
 

1. Orang tua berusia di bawah 45 tahun


Orang yang lebih tua lebih berisiko mengalami gejala yang berat ketika terinfeksi covid-19. Untuk itu, orang tua yang merawat anak yang positif covid-19 sebaiknya masuk dalam usia yang tidak berisiko.

“Secara umum yang mengasuh adalah orang tua. Banyak yang merekomendasikan orang tua yang usianya di bawah 50 tahun. Bahkan ada yang rekomendasikan di bawah 45,” ungkapnya dalam live IG RSUI.

“Semakin usianya lanjut semakin tinggi risiko covid dan risiko gejalanya parah semakin besar,” tambahnya. 


covid-19
(Ns. Defi Efendi, Sp.Kep.An, Ners CCM NICU RSUI dari Staf Dep. Keperawatan Anak FIK UI mengatakan sebaiknya orang tua yang menjaga anak yang covid-19 tidak memiliki komorbid. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Tidak ada komorbid


Risiko anak menularkan ke orang tua yang merawatnya besar. Karena itu, jika orang tua terkena akan lebih baik bila orang tua tersebut tidak memiliki komorbid atau penyakit penyerta seperti fatty liver, penyakit jantung, penyakit ginjal, obesitas, diabetes dan masih banyak lagi.

“Orang tua yang merawat ini sehat dan tidak berisiko tinggi gejala berat. Selain usia, komorbid,” paparnya.
 

3. Sudah mendapatkan vaksin lengkap


Dan terakhir, orang tua yang merawat juga perlu untuk sudah vaksin dua kali akan memilki perlindungan yang optimal bila terpapar virus. 

“Diharapkan yang merawat sudah vaksin. Setidaknya dua kali vaksin sehingga memiliki kemampuan proteksi diri lebih baik,” katanya.

Ia menyarankan, jika orang tua tidak memenuhi kriteria tersebut, sebaiknya anak dirawat dengan orang lain yang juga dipercaya oleh anak agar anak tetap merasa nyaman. 

(TIN)

MOST SEARCH